Friday, August 12, 2011

GO GREEN



Tidak terasa blog ini hampir memasuki tahun pertama, meski sempat mati suri selama beberapa bulan atas permintaan banyak rekan kami maka blog ini akan difungsikan seperti sedia kala, kami mengusung spirit baru dalam pembangunan blog bagian ke dua ini dengan tajuk GO GREEN SAVE MORE GREEN. sebagai kepekaan kami terhadap isu global warming yang akhir-akhir ini melanda di semua penjuru dunia.

Tidak anda sadari dengan menghemat kertas anda akan membantu melestarikan bumi. Dengan mengurangi pemakaian tisu anda bisa mencegah ratusan hektar pohon di dunia dimusnahkan hanya untuk membuat tisu dan kertas. Anda memang bisa membeli itu semua tapi dengan berhemat anda ikut menabung menyelematkan masa depan bumi.
Lalu saya harus bagaimana?
Mulailah dengan diri anda sendiri dan lingkungan sekitar anda dengan cara-cara sederhana seberti berikut :
HEMAT KERTAS
1.  Mari hemat penggunaan kertas! Cara termudah, misalnya saat ke ATM Anda tak usah mencetak struk-nya. Cukup lihat sisa saldo dan ambil uangnya.
2.    Kurangi sampah dengan mengurangi penggunaan kertas untuk
menyelamatkan hutan. Setiap hari sampah kertas di dunia berasal dari 27.000 batang kayu.
3.  Pada jaman elektronik ini, penghematan kertas dapat dilakukan dengan  mengirim berita-berita maupun undangan lewat internet/email.
4.   Pakailah tisu dengan hemat, bila membersihkan kotoran dan ingus kalau bisa pakailah hanya satu tisu, bila kurang baru tambahkan lagi. (ANDA BISA MENDUKUNG SELAMATKAN JUTAAN HEKTAR POHON DITEBANG KARENA PEMBUATAN TISU.)
5.    Pakai kertas dengan 2 sisi (bolak-balik). Kertas yang telah dipakai 2 sisi (bolak-balik) dan sudah tak  terpakai lagi, kumpulkan dan berikan pada pemulung untuk dijual sebagai  bahan kertas daur ulang.
6.   Pakai lagi amplop dengan membaliknya, hal itu tak akan mengurangi  rasa hormat anda pada penerima surat anda.
7.   Pilih isi ulang pulsa dengan yang elektrik bukan gesek untuk  menghemat penggunaan kertas.
8.    Pilihlah menggunakan daftar nama telepon atau alamat teman anda dengan penyimpanan elektronik atau handphone bukan dengan buku tetelpon. (ANDA BISA SELAMATKAN 270.00 POHON) 
9.    berkirim surat atau kartu ucapan melalui email atau SMS/MMS.
10. Selama liburan Anda bisa menggunakan mobile banking daripada ke ATM. Lebih hemat kertas, waktu dan biaya transportasi.
11. Kurangi penggunaan kertas dengan membeli tiket secara online melalui hape/laptop Anda
12. Mari kurangi penggunaan kertas. Misalnya, daripada mencetak/print petunjuk arah jalan, lebih baik pesan tersebut dikirim via SMS, MMS atau Email ke hape/laptop.
13. Jenis kertas salah satunya tissue. Bawalah handuk kecil atau saputangan sebagai pengganti tissue. Tissue tidak dapat didaur ulang.
14. Hemat kertas berarti selamatkan kayu. Manfaatkan koran, kardus atau kertas bekas untuk membuat prakarya cantik bersama anak.
15. Kardus terbuat dari serat kayu. Hemat dengan gunakan kotak kardus besar bekas barang elektronik Anda untuk menyimpan barang lainnya.
16. Print yang benar-benar perlu saja. Sudah jaman serba elektronik, mari budayakan tidak menggunakan kertas (paperless)


 HEMAT LISTRIK
1.    Matikan komputer ketika sudah selesai bekerja dan mencabut charger ponsel ketika tidak digunakan. Alat-alat ini masih memakai listrik meskipun dalam keadaan stand-by.
2.    Minimalkan perjalanan dinas kerja dengan menggunakan teknologi teleconference dan videoconference, jika memungkinkan. Ini akan mengurangi dampak dari buangan berkendara mobil dan pesawat, dan pastinya menghemat uang dan waktu.
3.    Kebiasaan meninggalkan dan membiarkannya Charger HP tetap tercolok pada stop kontak membuat listrik boros hingga 50%
4.     Laptop dibiarkan tercolok listrik padahal batere sudah penuh membuat listrik boros dan mempercepat kebocoran batere
5.     Kebiasaan meninggalkan lampu, TV dan AC menyala membuat tagihan listrik melonjak paling sedikit 2 kali lipat
6.     Mesin pengering pakaian membutuhkan listrik yang besar dan belum tentu kering sempurna
7.     Limbah baterai sangat beracun dan berbahaya bagi lingkungan dan bertahan dalam waktu sangat lama

HEMAT AIR
1.    Hemat air, menutup keran dengan benar setelah digunakan, dan perbaikilah jika ada kebocoran. Sebuah keran yang bocor akan menyia-nyiakan hampir 600 liter air bersih per bulan.
2.    Mengurangi lama waktu mandi selama 5 menit akan menghemat hingga 100 liter air.
3.    Didihkan air seperlunya ketika mendidihkan air untuk teh atau kopi. Ini akan menghemat energi dan air akan lebih cepat mendidih.
  

Semoga bermanfaat.

0 comments:

Post a Comment