PUST4418 - MANAJEMEN PENERBITAN
Yosal Iriantara, 2012
Jakarta : Universitas Terbuka
RINGKASAN MODUL MODUL 7 - KHALAYAK SASARAN PENERBITAN
KB
1 KHALAYAK SASARAN
3 aspek pokok dlm penerbitan
1.
Pesan
atau informasi, menurut DeFleur & Dennis, pesan adl
sebuah simbol/konfigurasi simbol yg dpt melahirkankesamaan makna pada pengirim
& penerima simbol. Sedangkan informasi mrpk kata, angka & simbol lain
yg bermakna yg membentuk pesan.
2. Media, adl
setiap objek yg dpt dipergunakan utk menyajikan makna
3. Khalayak,adl org
yg mendapatkan informasi/pesan melalui media tertentu.
Pada interaksi primer perpustakaan
memberikan pelayanannya, shg mrk mendpt manfaat langsung dari keberadaan
perpustakan. Sedangkan dlm interaksi sekunder, para pihak yg berada di dlmnya
lbh bny menikmati manfaat dr kehadiran perpust scr tdk langsung, artinya mrk
bkn pengguna langsung perpust namun kehadiran perpust itu dirasakan manfaatnya.
A.
INFORMASI
& PENGGUNANYA
Ada berbagai alasan yg membuat
manusia mencari informasi, yaitu ingin mengetahui peristiwa mutakhir, mendidik
diri sendiri & memperoleh rasa aman krn mengetahui sesuatu. Nilai guna
informasi mjd bahan pertimbangan bagi para pengguna utk mencari informasi.
Nilai guna yg dimaksud adl memberikan informasi mengenai peristiwa mutakhir di
perpustakaan, mendorong pendidikan diri & mengurangi ketidakpastian.
Dlm logika uses and gratifications, pengguna terbitan adl org2 yg aktif shg
mrk memiliki kekuasaan utk memutuskan apakah akan memanfaatkan terbitan
perpustakaan atau tdk, serta apa yg akan dimanfaatkan dr terbitan itu.
B.
KEBUTUHAN
KHALAYAK
Pengguna mrpk salah satu bagian
dari khalayak dlm dunia komunikasi. Pengguna informasi pada dasarnya mrpk
khalayak dgn kebutuhan tertentu. Kebutuhan itulah yg mendorong khalayak utk
mencari informasi.
GAMBAR ADA PADA FILE PDF
Faktor sosio-psikologis melahirkan
kebutuhan, yg diharapkan bisa diberikan oleh media/ sumber informasi lain.
Penggunaan media akhirnya memberikan kepuasan ats kebutuhan. Dlm pandangan
perspektif uses & gratification,
pengguna menggunakan media utk memenuhi kebutuhan individual & sosialnya.
Kebutuhan yg dipuaskan dpt
dikategorikan dlm 4 kelompok/ tipologi motivasi pengguna (Fiske) :
1.
Diversi, yg
berupa melepaskan diri dr tekanan2 rutinitas, melepaskan diri dr beban masalah,
melepaskan emosi.
2.
Relasi
personal, mencakup persahabatan & manfaat sosial
3.
Identitas
personal, mencakup rujukan pribadi, eksplorasi realitas, peneguhan nilai
4.
Pengawasan, yg
digunakan utk menjaga peran sosial seseorg dgn memanfaatkan informasi
Alasan2 pribadi mengapa org
mencari informasi adl utk memperoleh kepuasan pribadi, menjaga keunggulan
pribadi di lingkungan keluarga & ingin mjd org pertama yg memperoleh
informasi
C.
IDENTIFIKASI
KHALAYAK
Apapun jenis terbitannya, kita
perlu mengidentifikai siapa yg akan mjd khalayak/ pengguna terbitan tsb. dua
pertanyaan dasar yg biasanya dipergunakan utk mengidentifikasi siapa pengguna/
pemanfaat terbitan yg kita buat. Pendekatan yg paling bny dipergunakan utk
mengidentifikasi khalayak adl dgn analisis demografis, yg meliputi usia, jenis
kelamin, pekerjaan, pendidikan, tingkat sosial ekonomi, agama & lokasi
tempat tinggal.
Instrumen kuesioner khalayak
terdiri atas 3 variabel pokok, yaitu latar belakang pribadi pengguna, penilaian
pengguna atas informasi yg sdh dimiliki & pemanfaatan informasi oleh
pengguna. Data yg diperoleh melalui instrumen tsb penting diolah dgn membuat
kategori data atau pengelompokkan data utk perencanaan kegiatan penerbitan.
Manfaat informasi :
1.
Menjalankan
pekerjaan 3.
Menilai sesuatu
2.
Analisis seblm
mengambil keputusan 4.
Belajar
KB
2 PENGGUNA UTAMA TERBITAN
Pembaca utama mrpk bagian dari
masyarakat luas, bagian dr pengguna perpustakaan & komunitas perpustakaan.
A.
SEGMENTASI
KHALAYAK
Segmentasi khalayak mrpk
pengelompokkan khalayak berdasarkan kategori teretntu, spt jenis kelamin, usia,
hobi,dll. Segmentasi khalayak dimaksudkan utk memudahkan pengelola penerbitan
melayani jenis kebutuhan informasi pembacanya. Hal penting yg perlu
diperhatikan dlm melakukan segmentasi khalayak adl memperhatikan kultur &
konteks khalayak yg akan mjd pembaca utama terbitan kita. Dlm kultur terkandung
pengetahuan, etika & estetika.
Menurut Defleur & Dennis,
besarnya khalayak & tersebarnya khalayak membuat pesan yg disajikan mjd
rendah tuntutan intelektualitasnya & makin tinggi muatan hiburannnya.
B.
KARAKTERISTIK
KAHLAYAK
VALS (Value & Life Style) melihat khalayak bkn hny berdasarkan
kebutuhan, melainkan juga melihat dimensi lain dari manusia, sbg makhluk yg tdk
hny digerakkan oleh kekuatan lain dlm dirinya & kekuatan yg berada di luar
dirinya.
Karakteristik khalayak dlm
komunikasi masa adl menyebar & jmlhnya besar (Defleur & Dennis).
Kelebihan komunikasi masa yakni bisa menyampaikan pesan pd bny org di tempat yg
berbeda scr bersamaan. Karakteristik khalayak dlm komunikasi bergantung pd
taraf atau konteks komunikasinya. Pada komunikasi antarpribadi, karakteristik
lawan komunikasi bisa kita ketahui scr langsg seblm & selama proses
komunikasi. Pada komunikasi masa kita akan memerlukan data yg lengkap utk bisa
mengetahui komunikannya.
Kategori karakteristik khalayak
melalui VALS, yaitu :
1.
Khalayak yg digerakkan
oleh kebutuhan
2.
Khalayak yg
didorong oleh dirinya sendiri
3.
Khalayak yg
terbawa-bawa org lain atau digerakkan oleh sesuatu di luar dirinya.
Pada dasarnya kita mendekati kebutuhan
pengguna namun dilihat dr karakteristik psikologisnya, khususnya dari sisi gaya
hidupnya. Melalui gaya hidup kita bisa melihat bagaimana org mengalokasikan
wkt, energi & uangnya utk memenuhi apa yg diperlukan dlm hidup, yg slah
satu diantaranya adl informasi.
Selain kandungan informasi yg kita
publikasikan dibuat dgn mempertimbangkan khalayak, juga pilihan media utk
menyebarkan informasinya pun hrs
mempertimbangkan karakteristik khalayaknya. Informasi & media saling
memperkuat & menopang satu sama lain.
C.
PENETAPAN
SEGMENTASI KHALAYAK
Cara mengetahui siapa khalayak
kita yg paling mudah adl dgn melakukan segmentasi khalayak. Kita bisa
menetapkan segmentasi khalayak berdasarkan faktor demografis, yaitu berdasarkan
usia, jenjang pendidikan, jenis kelamin atau pun lokasi tempat tinggal.
Biasanya segmentasi bkn hny berdasarkan satu aspek dr faktor demografis saja,
melainkan menggunakan beberapa aspek.
Selain itu kita juga bisa
menggunakan faktor psikografis yg divisualisasikan lwt VALS utk melihat gaya
hidup & nilai org yg membutuhkan informasi. Bnya pakar ilmu komunikasi yg
menyatakan bahwa manusia tdk hny membaca sesuatu krn ingin mendaptkan
informasi, tapi juga krn ada tulisan yg mendorong emosinya spt mengejutkan,
menyenangkan & mengagumkan.
Kita bisa memadukan pendekatan
demografis & Psikografis dlm menetapkan segmentasi khalayak. Biasnya kita
menggunakan instrumen pengumpul data berupa angket utk menggali informasi data
khalayak, jmlh bagian terbesar respon yg jwbannya sama yg dijadikan dasar
menetapkan segmentasi khalayak.
0 comments:
Post a Comment