Thursday, May 8, 2014

RINGKASAN MATERI MODUL PUST4418 - MANAJEMEN PENERBITAN MODUL 7


PUST4418 - MANAJEMEN PENERBITAN
Yosal Iriantara, 2012
Jakarta : Universitas Terbuka 

RINGKASAN MODUL MODUL 7 - KHALAYAK SASARAN PENERBITAN

KB 1  KHALAYAK SASARAN
          3 aspek pokok dlm penerbitan
1.     Pesan atau informasi, menurut DeFleur & Dennis, pesan adl sebuah simbol/konfigurasi simbol yg dpt melahirkankesamaan makna pada pengirim & penerima simbol. Sedangkan informasi mrpk kata, angka & simbol lain yg bermakna yg membentuk pesan.
2.     Media, adl setiap objek yg dpt dipergunakan utk menyajikan makna
3.     Khalayak,adl org yg mendapatkan informasi/pesan melalui media tertentu.
           Pada interaksi primer perpustakaan memberikan pelayanannya, shg mrk mendpt manfaat langsung dari keberadaan perpustakan. Sedangkan dlm interaksi sekunder, para pihak yg berada di dlmnya lbh bny menikmati manfaat dr kehadiran perpust scr tdk langsung, artinya mrk bkn pengguna langsung perpust namun kehadiran perpust itu dirasakan manfaatnya.
A.    INFORMASI & PENGGUNANYA
Ada berbagai alasan yg membuat manusia mencari informasi, yaitu ingin mengetahui peristiwa mutakhir, mendidik diri sendiri & memperoleh rasa aman krn mengetahui sesuatu. Nilai guna informasi mjd bahan pertimbangan bagi para pengguna utk mencari informasi. Nilai guna yg dimaksud adl memberikan informasi mengenai peristiwa mutakhir di perpustakaan, mendorong pendidikan diri & mengurangi ketidakpastian.
Dlm logika uses and gratifications, pengguna terbitan adl org2 yg aktif shg mrk memiliki kekuasaan utk memutuskan apakah akan memanfaatkan terbitan perpustakaan atau tdk, serta apa yg akan dimanfaatkan dr terbitan itu.

B.    KEBUTUHAN KHALAYAK
Pengguna mrpk salah satu bagian dari khalayak dlm dunia komunikasi. Pengguna informasi pada dasarnya mrpk khalayak dgn kebutuhan tertentu. Kebutuhan itulah yg mendorong khalayak utk mencari informasi.
 GAMBAR ADA PADA FILE PDF
 Faktor sosio-psikologis melahirkan kebutuhan, yg diharapkan bisa diberikan oleh media/ sumber informasi lain. Penggunaan media akhirnya memberikan kepuasan ats kebutuhan. Dlm pandangan perspektif uses & gratification, pengguna menggunakan media utk memenuhi kebutuhan individual & sosialnya.
Kebutuhan yg dipuaskan dpt dikategorikan dlm 4 kelompok/ tipologi motivasi pengguna (Fiske) :
1.     Diversi, yg berupa melepaskan diri dr tekanan2 rutinitas, melepaskan diri dr beban masalah, melepaskan emosi.
2.     Relasi personal, mencakup persahabatan & manfaat sosial
3.     Identitas personal, mencakup rujukan pribadi, eksplorasi realitas, peneguhan nilai
4.     Pengawasan, yg digunakan utk menjaga peran sosial seseorg dgn memanfaatkan informasi
Alasan2 pribadi mengapa org mencari informasi adl utk memperoleh kepuasan pribadi, menjaga keunggulan pribadi di lingkungan keluarga & ingin mjd org pertama yg memperoleh informasi
C.    IDENTIFIKASI KHALAYAK
Apapun jenis terbitannya, kita perlu mengidentifikai siapa yg akan mjd khalayak/ pengguna terbitan tsb. dua pertanyaan dasar yg biasanya dipergunakan utk mengidentifikasi siapa pengguna/ pemanfaat terbitan yg kita buat. Pendekatan yg paling bny dipergunakan utk mengidentifikasi khalayak adl dgn analisis demografis, yg meliputi usia, jenis kelamin, pekerjaan, pendidikan, tingkat sosial ekonomi, agama & lokasi tempat tinggal.
Instrumen kuesioner khalayak terdiri atas 3 variabel pokok, yaitu latar belakang pribadi pengguna, penilaian pengguna atas informasi yg sdh dimiliki & pemanfaatan informasi oleh pengguna. Data yg diperoleh melalui instrumen tsb penting diolah dgn membuat kategori data atau pengelompokkan data utk perencanaan kegiatan penerbitan.
Manfaat informasi :
1.     Menjalankan pekerjaan                                        3. Menilai sesuatu
2.     Analisis seblm mengambil keputusan                    4. Belajar

KB 2  PENGGUNA UTAMA TERBITAN

          Pembaca utama mrpk bagian dari masyarakat luas, bagian dr pengguna perpustakaan & komunitas perpustakaan.

A.    SEGMENTASI KHALAYAK
Segmentasi khalayak mrpk pengelompokkan khalayak berdasarkan kategori teretntu, spt jenis kelamin, usia, hobi,dll. Segmentasi khalayak dimaksudkan utk memudahkan pengelola penerbitan melayani jenis kebutuhan informasi pembacanya. Hal penting yg perlu diperhatikan dlm melakukan segmentasi khalayak adl memperhatikan kultur & konteks khalayak yg akan mjd pembaca utama terbitan kita. Dlm kultur terkandung pengetahuan, etika & estetika.
Menurut Defleur & Dennis, besarnya khalayak & tersebarnya khalayak membuat pesan yg disajikan mjd rendah tuntutan intelektualitasnya & makin tinggi muatan hiburannnya.

B.    KARAKTERISTIK KAHLAYAK

VALS (Value & Life Style) melihat khalayak bkn hny berdasarkan kebutuhan, melainkan juga melihat dimensi lain dari manusia, sbg makhluk yg tdk hny digerakkan oleh kekuatan lain dlm dirinya & kekuatan yg berada di luar dirinya.
Karakteristik khalayak dlm komunikasi masa adl menyebar & jmlhnya besar (Defleur & Dennis). Kelebihan komunikasi masa yakni bisa menyampaikan pesan pd bny org di tempat yg berbeda scr bersamaan. Karakteristik khalayak dlm komunikasi bergantung pd taraf atau konteks komunikasinya. Pada komunikasi antarpribadi, karakteristik lawan komunikasi bisa kita ketahui scr langsg seblm & selama proses komunikasi. Pada komunikasi masa kita akan memerlukan data yg lengkap utk bisa mengetahui komunikannya.
Kategori karakteristik khalayak melalui VALS, yaitu :
1.     Khalayak yg digerakkan oleh kebutuhan
2.     Khalayak yg didorong oleh dirinya sendiri
3.     Khalayak yg terbawa-bawa org lain atau digerakkan oleh sesuatu di luar dirinya.
Pada dasarnya kita mendekati kebutuhan pengguna namun dilihat dr karakteristik psikologisnya, khususnya dari sisi gaya hidupnya. Melalui gaya hidup kita bisa melihat bagaimana org mengalokasikan wkt, energi & uangnya utk memenuhi apa yg diperlukan dlm hidup, yg slah satu diantaranya adl informasi.
Selain kandungan informasi yg kita publikasikan dibuat dgn mempertimbangkan khalayak, juga pilihan media utk menyebarkan informasinya pun hrs  mempertimbangkan karakteristik khalayaknya. Informasi & media saling memperkuat & menopang satu sama lain.

C.    PENETAPAN SEGMENTASI KHALAYAK
Cara mengetahui siapa khalayak kita yg paling mudah adl dgn melakukan segmentasi khalayak. Kita bisa menetapkan segmentasi khalayak berdasarkan faktor demografis, yaitu berdasarkan usia, jenjang pendidikan, jenis kelamin atau pun lokasi tempat tinggal. Biasanya segmentasi bkn hny berdasarkan satu aspek dr faktor demografis saja, melainkan menggunakan beberapa aspek.
Selain itu kita juga bisa menggunakan faktor psikografis yg divisualisasikan lwt VALS utk melihat gaya hidup & nilai org yg membutuhkan informasi. Bnya pakar ilmu komunikasi yg menyatakan bahwa manusia tdk hny membaca sesuatu krn ingin mendaptkan informasi, tapi juga krn ada tulisan yg mendorong emosinya spt mengejutkan, menyenangkan & mengagumkan.
Kita bisa memadukan pendekatan demografis & Psikografis dlm menetapkan segmentasi khalayak. Biasnya kita menggunakan instrumen pengumpul data berupa angket utk menggali informasi data khalayak, jmlh bagian terbesar respon yg jwbannya sama yg dijadikan dasar menetapkan segmentasi khalayak.
                                                             

Download File PDF : Link 1 | Link 2

0 comments:

Post a Comment