PUST4418 - MANAJEMEN PENERBITAN
Yosal Iriantara, 2012
Jakarta : Universitas Terbuka
RINGKASAN MODUL 6 - MONITORING & EVALUASI PENERBITAN
KB 1 EVALUASI PENERBITAN (I)
A. ASPEK2 EVALUASI PENERBITAN
Ada 2
aspek pokok dlm kegiatan evaluasi yg hrs direncanakan dgn baik, yaitu :
1. Pengelolaan evaluasi
2. Penetapan standar2 evaluasi
Evaluasi
mrpk proses penilaian scr sistematis tentang nilai, tujuan, efektifitasatau
ketetapan sesuatu berdasarkan kriteria & tujuan yg sdh ditetapkan
sebelumnya (Sudjana).
PERENCANAAN EVALUASI
Menurut
Sudjana jenis2 evaluasi ada 6 kategori, yaitu:
1. Evaluasi utk pengambilan keputusan, adl
evaluasi yg diarahkan utk pengumpulan informasi yg berkaitan dgn berbagai keputusan
ttg perencanaan program
2. Evaluasi bagian program, yg mengevaluasi
bagian tertentu dr program
3. Evaluasi jenis data & efektivitasnya,
yg mengambil data & jenis kegiatan tertentu utk dievaluasi, spt mengategori
data utk menilai komponen2, yaitu tujuan & sasaran, keluaran, pertumbuhan
serta dampak program & dampak kelembagaan.
4. Evaluasi atas proses evaluasi, yg
diperlukan oleh para perancang program utk memahami proses evaluasi.
5. Evaluasi pencapaian tujuan, yg menilai
pengkajian pada tujuan2 khusus program, apakah tercapai atau tdk.
6. Evaluasi atas hsl & dampak yg menilai
sejauh mana hsl/dampak dr program
Ada 6 hal yg menjadi
penyebab permasalahan manajemen, yaitu :
a. Komunikasi yg buruk
b. Lemahnya komitmen manajemen
c. Kegagalan membuat mekanisme umpan-balik
d. Perencanaan yg tak kokoh
e. Rencana operasional yg tdk konsisten
f. Keliru dlm penilaian sumber daya
4 perkara yg penting
dlm pengelolaan evaluasi, yaitu :
· SDM
· Tanggung jawab
· Jadwal kerja
· Anggaran yg diperlukan utk
penyelenggaraan evaluasi
B. PELAKSANAAN EVALUASI
Langkah pelaksanaan
evaluasi adl :
1. Melibatkan pengguna terbitan kita
2. Menentukan apa tujuan evaluasi
3. Mengumpulkan data, melalui kegiatan
a. Pengembangan materi ajar baru, yg setiap
materi ajar ditelaah & disahkan dewan redaksi
b. Membentuk dewan redaksi yg terlatih yg
bisa membantu org lain utk mengembangkan manfaat medium baru
c. Memublikasikan standar2 & tatamuka yg
bisa dimanfaatkan oleh para penulis saat membuat materi ajar sendiri
d. Mengevaluasi karya yg dibuat para penulis
4. Menolah data yg terkumpul dgn menganalisis
& menafsirkan data.
5. Pemanfaatan hasil evaluasi.
KB 2 EVALUASI PENERBITAN (II)
Fokus
kegiatan disini adl monitoring. Dlm kegiatan monitoring kita melakukan
pemeriksaan scr berkala thdp keseluruhan proses dlm kegiatan penerbitan, baik
penerbitan berkala maupun nonberkala. Melalui kegiatan monitoring kita
mengendalikan pelaksanaan kegiatan. Menurut Husen pengendalian ini dimaksudkan
utk meminimalisasi sgl penyimpangan yg dpt terjadi selama kegiatan berlangsung.
Dlm
melakukan pengendalian kita bertemu dgn standar. Standar mjd acuan/
perbandingan ant apa yg sdh dibuat dgn apa yg seharusnya dibuat. Sukarna
menjelaskan dlm konteks pengendalian adl menetapkan standar/landasan utk
pengendalian. Sedangkan utk kinerja diukur dgn melihat apa yg sdh dilakukan.
Selanjutnya adl membandingkan apa yg sdh dilaksanakan dgn standar yg sdh kita
tetapkan.
A. MONITORING PRACETAK
Menggunakan indikator wkt pelaksanaan pekerjaan krn jadwal kerja yg
mjd standar waktu penyelesaian pekerjaan. Instrumen monitoring pracetak memuat
3 variable utk masing2 pekerjaan, yaitu persentase pelaksanaan pekerjaan,
hambatan/kendala yg dihadapi & solusi utk hambatan yg dilakukan.
B. MONITORING CETAK
Bila pada tahap pracetak kita melakukan monitoring pd beberapa
pekerjaan, pada tahap cetak kita hny terfokus pd satu pekerjaan. Oleh krn itu
identifikasi permasalahan yg berupa hambatan penyelesaian pekerjaan &
solusi yg diambil mjd sngt penting.
C. MONITORING PASCACETAK
Masalah yg biasanya
muncul dlm penerbitan :
· Dlm tim penerbitan tdk ada org yg
memiliki kemampuan utk memasarkan terbitan
· Tdk menganggarkan biaya utk
pendistribusian
· Tdk menyusun jadwal yg ketat utk kegiatan
distribusi terbitan
· Terbitan tdk dipromosikan dgn baik shg
khalayak potensial tdk memperoleh informasi yg memadai.
Permasalahan2 tsb mrpk bagian permasalahan yg bisa kita
identifikasi melalui monitoring pascacetak.
Hasil monitoring disampaikan sbg satu laporan tertulis kpd kepala
bagian atau ketua tim penerbitan. Laporan tertulis ini bisa mrpk sebuah laporan
kemajuan pelaksanaan pekerjaan yg didlmnya disampaikan persentase kemajuan
pelaksanaan pekerjaan & kendala yg dihadapi serta solusi yg sdh
dilaksanakan utk mengatasi permasalahan tsb.
0 comments:
Post a Comment