Thursday, May 8, 2014

RINGKASAN MATERI MODUL PUST4418 - MANAJEMEN PENERBITAN MODUL 6


PUST4418 - MANAJEMEN PENERBITAN
Yosal Iriantara, 2012
Jakarta : Universitas Terbuka 

RINGKASAN MODUL 6 - MONITORING & EVALUASI PENERBITAN

KB 1 EVALUASI PENERBITAN (I)
A.    ASPEK2 EVALUASI PENERBITAN
Ada 2 aspek pokok dlm kegiatan evaluasi yg hrs direncanakan dgn baik, yaitu :
1.     Pengelolaan evaluasi
2.     Penetapan standar2 evaluasi
Evaluasi mrpk proses penilaian scr sistematis tentang nilai, tujuan, efektifitasatau ketetapan sesuatu berdasarkan kriteria & tujuan yg sdh ditetapkan sebelumnya (Sudjana).
PERENCANAAN EVALUASI
Menurut Sudjana jenis2 evaluasi ada 6 kategori, yaitu:
1.     Evaluasi utk pengambilan keputusan, adl evaluasi yg diarahkan utk pengumpulan informasi yg berkaitan dgn berbagai keputusan ttg perencanaan program
2.     Evaluasi bagian program, yg mengevaluasi bagian tertentu dr program
3.     Evaluasi jenis data & efektivitasnya, yg mengambil data & jenis kegiatan tertentu utk dievaluasi, spt mengategori data utk menilai komponen2, yaitu tujuan & sasaran, keluaran, pertumbuhan serta dampak program & dampak kelembagaan.
4.     Evaluasi atas proses evaluasi, yg diperlukan oleh para perancang program utk memahami proses evaluasi.
5.     Evaluasi pencapaian tujuan, yg menilai pengkajian pada tujuan2 khusus program, apakah tercapai atau tdk.
6.     Evaluasi atas hsl & dampak yg menilai sejauh mana hsl/dampak dr program
Ada 6 hal yg menjadi penyebab permasalahan manajemen, yaitu :
a.      Komunikasi yg buruk
b.     Lemahnya komitmen manajemen
c.      Kegagalan membuat mekanisme umpan-balik
d.     Perencanaan yg tak kokoh
e.      Rencana operasional yg tdk konsisten
f.      Keliru dlm penilaian sumber daya
4 perkara yg penting dlm pengelolaan evaluasi, yaitu :
·       SDM
·       Tanggung jawab
·       Jadwal kerja
·       Anggaran yg diperlukan utk penyelenggaraan evaluasi

B.    PELAKSANAAN EVALUASI
Langkah pelaksanaan evaluasi adl :
1.     Melibatkan pengguna terbitan kita
2.     Menentukan apa tujuan evaluasi
3.     Mengumpulkan data, melalui kegiatan
a.     Pengembangan materi ajar baru, yg setiap materi ajar ditelaah & disahkan dewan redaksi
b.     Membentuk dewan redaksi yg terlatih yg bisa membantu org lain utk mengembangkan manfaat medium baru
c.     Memublikasikan standar2 & tatamuka yg bisa dimanfaatkan oleh para penulis saat membuat materi ajar sendiri
d.     Mengevaluasi karya yg dibuat para penulis
4.     Menolah data yg terkumpul dgn menganalisis & menafsirkan data.
5.     Pemanfaatan hasil evaluasi.

KB 2 EVALUASI PENERBITAN (II)
          Fokus kegiatan disini adl monitoring. Dlm kegiatan monitoring kita melakukan pemeriksaan scr berkala thdp keseluruhan proses dlm kegiatan penerbitan, baik penerbitan berkala maupun nonberkala. Melalui kegiatan monitoring kita mengendalikan pelaksanaan kegiatan. Menurut Husen pengendalian ini dimaksudkan utk meminimalisasi sgl penyimpangan yg dpt terjadi selama kegiatan berlangsung.
          Dlm melakukan pengendalian kita bertemu dgn standar. Standar mjd acuan/ perbandingan ant apa yg sdh dibuat dgn apa yg seharusnya dibuat. Sukarna menjelaskan dlm konteks pengendalian adl menetapkan standar/landasan utk pengendalian. Sedangkan utk kinerja diukur dgn melihat apa yg sdh dilakukan. Selanjutnya adl membandingkan apa yg sdh dilaksanakan dgn standar yg sdh kita tetapkan.
A.    MONITORING PRACETAK
Menggunakan indikator wkt pelaksanaan pekerjaan krn jadwal kerja yg mjd standar waktu penyelesaian pekerjaan. Instrumen monitoring pracetak memuat 3 variable utk masing2 pekerjaan, yaitu persentase pelaksanaan pekerjaan, hambatan/kendala yg dihadapi & solusi utk hambatan yg dilakukan.
B.    MONITORING CETAK
Bila pada tahap pracetak kita melakukan monitoring pd beberapa pekerjaan, pada tahap cetak kita hny terfokus pd satu pekerjaan. Oleh krn itu identifikasi permasalahan yg berupa hambatan penyelesaian pekerjaan & solusi yg diambil mjd sngt penting.

C.    MONITORING PASCACETAK
Masalah yg biasanya muncul dlm penerbitan :
·       Dlm tim penerbitan tdk ada org yg memiliki kemampuan utk memasarkan terbitan
·       Tdk menganggarkan biaya utk pendistribusian
·       Tdk menyusun jadwal yg ketat utk kegiatan distribusi terbitan
·       Terbitan tdk dipromosikan dgn baik shg khalayak potensial tdk memperoleh informasi yg memadai.
Permasalahan2 tsb mrpk bagian permasalahan yg bisa kita identifikasi melalui monitoring pascacetak.
Hasil monitoring disampaikan sbg satu laporan tertulis kpd kepala bagian atau ketua tim penerbitan. Laporan tertulis ini bisa mrpk sebuah laporan kemajuan pelaksanaan pekerjaan yg didlmnya disampaikan persentase kemajuan pelaksanaan pekerjaan & kendala yg dihadapi serta solusi yg sdh dilaksanakan utk mengatasi permasalahan tsb. 

Download File PDF : Link 1 | Link 2

0 comments:

Post a Comment