PUST4424 - Metode Penelitian Perpustakaan
Sri Hartinah, Sri Suharmini W., 2012
Jakarta : Universitas Terbuka
RINGKASAN
MODUL MODUL 2 - METODOLOGI PENELITIAN BIDANG
PERPUSTAKAAN
Kegiatan belajar 1
Ruang kajian dan penelitian di bidang
perpustakaan
A. Penelitian/kajian bidang perpustakaan
masa lalu
Bidang-bidang
perpustakaan yg sering dijadikan topik penelitian , seprti yg dikemukakan oleh
Lynch dalam library (1984) antara lain :
1. Penelitian praktis : bertujuan untuk
memecahkan permasalah di bidang perpustakaan
2. Penelitian bibliografi : tujuan
mengurutkan kembali pemikiran orang lain
3. Penelitian scholary : bertujuan
mengoleksi data secara sistematik, mengorganisir dan melakukan analisis
terhadap data
4. Penelitian ilmiah : bertujuan untuk
mencari pengalaman baru
Dalam
melakukan penelitian bidang perpustakaan masa lalu memiliki keterbatsan antara
lain :
1. Lebih banyak berisi opini peneliti dari
pada hasil observasi
2. Keterbatasan data
3. Obsevasi hanya dilakukan diperpustakaan
setempat
4. Peneliti tidak cukup menyebarkan hasil
penelitianya
5. Praktisi tidak memanfaatkan hasil
penelitian
6. Para profesional banyak dipenuhi dgn
laporan-laporan bukan penelitian
7. Pemakai jurnal penelitian sangat terbatas
8. Disertasi jurang berhubungan dgn
penelitian sebelumnya
9. Dampak penelitian yg dilaporkan lemah
dari segi pengawasan
Sampai tahun 1995 kegiatan penelitian bidang
perpustakaan yg dilakukan berkisar topik :
1. Kajian tentang penyimpanan dan temu
kembali dokumen
2. Kajian tentang jasa penelusuran informasi
dan perpustakaan
3. Kajian tentang klasifikasi dan indeks
4. Kajian tentang sirkulasi, koleksi,
administrasi dan otomasi
B. Penelitian bidang perpustakaan masa
mendatang
1. Teori , metode dan evaluasi temu kembali
nformasi , bagian ini meliputi : temu kembali , transformasi informasi
2. Bibliometrika yaitu penerapan metode
matematika informasi, komunikasi, informasi, ilmu perpustakaan dan statistika
terhadap informasi terekam ; disini dibahas produktivitas pengarang,
produktivitas majalah, teori ko-sitasi, analisis sitasi, pasangan bibliografi
dan teori grafik pada komunikasi formal
3. Komunikasi ilmiah dan transfer informasi
; disini membahas proses pencetusan, pengolahan, penyebaran dan penggunaan
informasi terutama di kalangan ilmuwan
4. Rancang bangun atau desain serta evaluasi
sistem informasi
5. Produk serta jasa informasi khusus
6. Komputer sebagai gawai oleh informasi,
khususnya yang berhubungan dengan bibliografi
7. Representasi informasi mencakup
pengertian indeks, abstrak, serta transformasi informasi terekam
8. Pemakai serta penggunaan informasi dalam
hal ini kajian permintaan dan penggunaan informasi oleh pemakai
9. Berbagai aspek informasi seperti strategi
penelusuran informasi, penerapan sistem pakar terhadap informasi
Kegiatan belajar 2
Metodologi penelitian bidang perpustakaan
dan informasi
A. Penelitian ilmiah
Adalah :
kegiatan yg sistematik dan terorganisir untuk mencari/mendapatkan jawaban
terhadap pertanyaan-pertanyaan penelitian dgn cara melakukan pengukuran
terhadap elemen/responden penelitian.
o
Penelitian ilmiah dilakukan secara sistematik
dan terorganisir dgn menggunakan prosedur dan tahapan yg jelas serta
pengelolaan sumber daya ( manusia, waktu dan biaya ) agar mendapat hasil yg
akurat
o
Sebelum melakukan penelitian hendaknya peneliti
menyiapkan memahami hal-hal sbb : bidang yang akan diteliti, literatur
pendukung topik, topik penelitian yg menjadi permaslahan dan perlu dicaikan
pemecahanya, memberikan manfaat masyarakat luas, berdampak penting pada
pengembangan bidang yg diteliti
o
Peneliti dasar adalah : penelitian yg merujuk
kepada keaslian, merupakan penelitian ilmiah, cenderung teoritis.
o
Penelitian aplikatif/terapan adalah :
penelitian yg lebih pragmatis, dan menghasilkan informasi yg berguna untuk
memecahkan persoalan-persoalan khusus dalam situasi aktual.
o
Penelitian kuantitatif adalah : penelitian yang
menggunakan pendekatan dgn pemecahan masalah, yg berhubungan dgn konsep
kuantifikasi, disiapkan dgn cermat untuk melakukan pengukuran dan evaluasi
o
Penelitian kualitatif adalah : penelitian yg
berfokus pada observasi kejadian-kejadian, fenomena yg diteliti kompleks,
bersifat sosial dan mencoba mengerti perilaku individu-individu yg diamati
B. Penelitian kuantitatif
Tipe
penelitian kuantitatif di bidang perpustakaan yang sering dilakukan adalah :
action research, dan evaluation research :
1. Action research adalah : tipe paling penting dari penelitian aplikasi.
o
Action research berbeda dgn penelitian
aplikasi, dalam action reseracrh mempunyai aplikasi langsung ke penelitian
sedangkan penelitian aplikasi mempunyai tujuan lebih luas.
o
Tujuan : mengembangkan kemampuan
baru/pendekatan baru dan memecahkan persoalan dgn aplikasi langsung kepada
anggota kelas/responden/tempat kerja yg sudah ditata
o
Penelitian action R merupakan penelitian yg
praktis, fleksibel, adaptif dan empiris tetapi lemah dalam validitas eksternal
dan internal
o
Tahapan penelitian action R :
a. Mendefinisikan masalah / menentukan
tujuan
b. Studi pustaka
c. Memformulasikan hipotesis
d. Menyiapkan kegistan penelitian
e. Menyiapkan teknik pengukuran dan evaluasi
f. Analisis data dan evaluasi hasil
penelitian
2. Penelitian evaluasi (evaliation reserach
)
o
Disebut juga penelitian terapan karena
bertujuan untuk menjawab hal-hal praktis dan mencoba menjawab
pertanyaan-pertanyaan :
-
Apa yang menjadi masalah pokok dalam masyarakat
-
Program apa untuk mengatasi maslah
-
Bagaimana program tsb dapat dilaksanakan
-
Apakah program yg dilaksanakan sesuai program
-
Apakah tujuan tercapai
o
Tujuan awal penelitian evaluasi tidak untuk
menemukan pengetahuan baru tetapi lebih pada menguji dan mengaplikasikan
pengetahuan ke dalam progaram/kegiatan
o
Penelitian evaluasi digunakan meneliti hubungan
antarvariabel dan sebab akibat
o
Penelitian evaluasi seringnya kurang dapat
mengontrol variabel, terkendala waktu dan tempat. Apabila peneliti mempunyai
kepentingan dalam penelitian maka penyebab bias dalam penelitianya
o
Ada 2 jenis penelitian evaluasi :
1. Evaluasi formative : penelitian saat
program berjalan, untuk melihat dan meneliti pelaksanaan suatu program,
evaluasi sering kualitatif dan digunakan untuk mencari umpan balik, gunak
memperbaiki program
2. Evaluasi summative atau penelitian
outcome : dilaksanakan pada akhir program untuk mengukur dampak dari program
atau ketercapaian tujuan program
C. Penelitian kualitatif
1. Penelitian lapangan/studi lapangan
o
Adalah : penelitian yang dilakukan di lapangan
agar sesuai dgn situasi nyata
o
Peneliti melakukan manipulasi/kontrol terhadap
satu atau beberapa variabel bebas walaupun tidak sebesar dilabolatorium
o
Kelebihan : lebih realistik, orientasi teori
yang kuat, bermakna dan variabel kuat
2. Analisis konten
o
Adalah : kegiatan analisis terhadap isi materi
(buku, film) melalui klasifikasi, tabulasi, dan evaluasi kata kunci dalam
rangka mencari arti dan kemungkinan dampak.
o
Dalam analisi konten perlu memahami
istilah-istilah berikut :
a. Datum : unit informasi yang dicatat,
dianalisis dengan teknik-teknik tertentu dan relevan dgn sebuah permasalahan.
Unit informasi dapat berupa : hal buku, kata, referensi ( objrk , kejadian,
orang, kegiatan ), proporsi , tematik
b. Catatan lapangan : alat pengumpul data
berisi setiap perkataan investigator (peneliti), pengalaman-pengalaman, dan
ingatan-ingatan sebagai pendapat awal peneliti. C/: catatan harian, pengalaman
lapangan.
c. Memo (memos ) : catatan/tulisan formal yg
dibuat investigator (peneliti) untuk menangkap proses konten analisis.
3. Penelitian dokumen
o
Adalah : penelitian terhadap dokumen yang
selama ini terkumpul diperpustakaan.
o
Tujuan : dengan melakukan pengumpulan data
secara sistematik dan evaluasi yg berhubungan dgn kejadian masa lalu untuk
menguji hipotesis terhadap penyebab, dampak/tren kejadian yg dapat membantu
menjelaskan kejadian saat ini dan mengantisipasi kejadian masa datang.
o
Ada 2 dimensi penelitian dokumen : yaitu ;
dimensi kronologi pembuatan dokumen dan dimensi kapan kejadian terjadi.
o
Menurut Hillway terdapat 6 kelompok penelitian
terhadap dokumen penelitian yaitu :
a. Penelitian biografi
b. Penelitian dokumen institusi/organisasi
c. Penelitian terhadap sumber informasi dan
influences
d. Editing dan menerjemahkan dokumen
e. Studi terhadap dokumen ide-ide pemikiran
f. Kompilasi bibliografi
o
Dalam melakukan penelitian dokumen perpustakaan
ada beberapa tahapan Sbb:
a. Mengidentifikasi masalah e. Mengorganisasi dan analisis data scr
kualitatif
b. Mengumpulkan informasi latar belakang
f. Menginterprestasikan hasil analisis dan kesimpulan
c. Memformulasikan hipotesis apabila
memungkinkan
d. Mengupulkan data
D. Beberapa metode khusus penelitian bidang
perpustakaan dan informasi
1. Penelitian survei
o
Adalah penelitian yang dilakukan terhadap
seluruh unit penelitian populasi.
o
Penelitian survei dapat merupakan pengumpulan
data sederhana (jumlah buku, jumlah jurnal ilmiah, jurnal pustakawan ) bersifat
menerangkan
o
Tujuan : mendiskripsikan kejadian relatif,
distribusi dan hubungan antar variabel yg terjadu secara alami
o
Beberapa tipe penelitian survei :
a. Studi sesaat/cross-sectional studi
b. Studi kecenderungan/trend study
c. Studi kohort/cohort study
d. Studi panel/panel study
e. Studi longitudinal/longitudinal study
f. Studi sampel paralel
g. Studi kontektual
h. Studi sosiometrik
i. Studi kritikal insiden
o
Tahapan penelitian survei :
a. Memformulasikan masalah penelitian
b. Menyiapkan teknik pengumpulan data
c. Menentukan besar sampel
d. Mengumpulkan data
e. Analisi dan interprestasi
2. Penelitian eksperimen
o
Dapat dilakukan di lab atau lapangan. Dimaksudkan
untuk menguji hipotesa dan mengetahui apakah variabel eksperimen efektif atau
tdk dilaksanakan.
o
Penelitian eksperimen adalah : suatu penelitian
dan peneliti dapat melakukan kontrol/perubahan pada variabel bebas
o
Struktur dasar adalah hipotesis : X berpengaruh
terhadap Y
3. Operation research (OR)
o
Adalah : penerapan metode ilmiah dalam
pengelolaan operasi-operasi yg digunakan oleh pemimpin dalam membuat keputusan
o
OR digunakan untuk mengidentifikasi
penyelesaian optimal terhadap pemasalahan yang nyata menggunakan teknik
matematika
o
Beberapa tipr OR : pengalokasian sumber daya,
antrian, inventory, teori antrian, dan strategi kompetitif
o
Menurut O’niell tahapaan pelaksanaan OR :
a. Memformulasikan permasalahan
b. Membuat model matematis yang akan
digunakan
c. Membuat sebuah solusi dari model yg
dibuat
d. Menguji model dan solusi yg dihasilkan
dari model
e. Memantapkan hasil yg sudah dicapai
f. Mengimplementasikan solusi yg di hasilkan
4. Modelling
o
Sering dikatakan sebagai simulasi merupakan hal
terpenting dari metodologi OR.
o
Sebuah model adalah : abstraksi/bentuk
sederhana dari pekerjaan yg sebenarnya.
5. Analisis sistem
o
Analisis sistem menjelaskan tujuan-tujuan dan
capaian (performance), lingkungan, sumberdaya, komponen, dan manajemen dari
keseluruhan sistem
6. Studi kasus ( case study )
o
Adalah : salah satu metode penelitian
kualitatif bidang perpustakaan dan informasi yg melihat sebuah fenomena yg
diteliti tanpa melakukan intervensi.
o
Biasanya digunakan untuk sejumlah subjek
penelitian yang sedikit dan selanjutnya dilakukan analisis terhadap data yg
terkumpul
o
Hasil penelitian hanya berupa kumpulan
informasi yang berhasil dicatat peneliti, apabila kurang cocok dikrim kembali
ke reponden/pakar/pengguna perpustakaan untuk mendapatkan tanggapan mereka
7. Deplhi study
o
Adalah : sebuah prosedur penelitian dgn
menggunakan kuesioner, yang didesain untuk mendapatkan konsensus melalui respon
yg diberikan responden.
8. Bibliometrics
o
Yaitu : penerapan metode matematika dan statistika
terhadap informasi terekam, umumnya terhadap majalah, buku, dan media
komunikasi lainnya.
o
Studi awal terhadap bibliometrics menghasilkan 3 hukum
dasar yaitu :
a. Hukum bradford (bradford’s law of scatter
) : mendiskripsikan bagaimana area subjek literatur terdistribusi dalam setiap
jurnal dan menghitung berapa banyak jurnal mengandung prosentase tertentu dari
publikasi artikel
b. Hukum lotka (lotka’s law ) : sebuah rumus
untuk menghitung/memprediksi produktivitas peneliti dalam menulis tulisan
ilmiah
c. Hukum zip (zip’s law) : mendiskripsikan
frekuensi kemunculan kata tertentu / kata-kata familiar digunakan seseorang
dalam membuat tulisan.
o
Kegiatan-kegiatan dalam melakukan penelitian
bibliometrik menurut white, et all :
a. Meningkatkan kontrol bibliometrik
terhadap literatur
b. Mengidentifikasi basis literatur,
khususnya jurnal
c. Mengklasifikasi literatur
d. Menyeleksi ide-ide yang terbesar dan
pertumbuhan literatur
e. Mendesain sistem informasi dan jaringan
yg lebih ekonomis
f. Meningkatkan efisiensi layanan
pengelolaan informasi
g. Memprediksi trend publikasi
h. Mendiskripsikan pola buku yg digunakan oleh
patrons
i. Membangun dan mengevaluasi koleksi
perpustakaan
E. Metode penelitian berbasis teknologi
(technology-based research mathods)
o
Adalah : kegiatan penelitian bidang
perpustakaan dan informasi yang dilakukan dengan menggunakan teknologi
informasi dan komunikasi yang tersedia saat ini seperti: internet, web, GIS
o
GIS (geographic information system ) :
teknologi untuk melakukan pengumpulan, penyimpanan, analisis objek, dan
fenomena lainya dari berbagai belahan dunia secara cepat dan tepat.
Kegiatan belajar 3
Pembuatan proposal penelitian ilmiah
A. Siklus penelitian
GAMBAR ADA PADA FILE PDF
o
Beberapa komponen penting dalam melakukan
penelitian ilmiah yaitu :
a. Judul penelitian
b. Perumusan maslah
c. Pertanyaan penelitian
d. Tujuan dan manfaat penelitian
e. Teori asumsi-asumsi dan literatur yg
digunakan
f. Hipotesis penelitian
g. Konsep/desain penelitian
h. Definisi operasional variabel penelitian
i. Metodologi penelitian
j. Kesimpulan dan generalisasi hasil
penelitian
B. Proposal penelitian
o
Proposal penelitian berisi garis besar kegiatan
penelitian, berisi komponen-komponen, antar komponen harus konsisten,
mempertimbangkan etika penelitian sehingga hasil penelitian valid
o
Isi proposal penelitian secara rinci adalah sbb
:
1. Judul penelitian : singkat, jelas, mudah
dipahami, menarik, sesuai masalah aktual
2. Bab I pendahuluan :
a. Latar belakang : berisi uraian ttg
tahapan identifikasi masalah penelitian dan keinginan peneliti untuk mencari
jawaban atas permasalahan ; dalam latar belakang menjelaskan :
1) hal-hal yang mendorong dan pentingnya
dilakukan penelitian
2) kebijakan pemerintah yg berisi
harapan-harapan thd bidang yang akan dikaji
3) UU supra sistem yg mendukung kebijakan
bidang yg diteliti
4) Penelitian yg diteliti oleh peneliti lain
yg berkaitan dgn bidang yg diteliti
5) Kondisi yang ada saat ini ttg masalah yg
akan diteliti
6) Apabila antara kondisi saat ini dan
kondisi diharapkan masih terdapat kesenjangan dan masalah-masalah yg harus
dipecahkan dan ditanggulangi
b. Perumusan dan pemilihan masalah : berisi
beberapa uraian masalah yang terjadi dan perlu pemecahan. Suatu maslah
dikatakan penting untuk diteliti, perlu dibandingkan terlebih dahulu dengan :
1) Masalah sebelumnya
2) Masalah ditempat lain
3) Target yang diharapkan
4) Masalah tersebut memberikan dampak yg
besar
c. Pertanyaan penelitian
d. Hipotesis penelitian : pernyataan jawaban
sementara penelitian, yang akan dibuktikan kebenarannya dengan hasil penelitian
nanti. Syarat membuat hipotesisi :
1) Harus konsisten dengan pertanyaan
penelitian
2) Merupakan kalimat deklaratif
3) Hanya dibuat untuk penelitian analitik
4) Hanya dibuat untuk pertanyaan utama
5) Menyebutkan variabel secara specifik
6) Mangandung satu variabel bebas/lebih dan
satu variabel terikat/tergantung
Ada 2 macam
hipotesis :
o
hipotesis Nol : pertanyaan apabila dalam pelaksanaan
penelitian, peneliti tidak melakukan perlakuan/intevensi variabel penelitian.
o
Hipotesis alternatif : kebalikan dari hipotesis
nol
o
Pertanyaan hipotesis Nol selalu ada kata-kata :
1) Sama dengan
2) Tidak ada perbedaan
3) Tidak ada hubungan
o
Hipotesis Nol diasumsikan benar , dan dilakukan
uji hipotesis
o
Kesimpilan uji adalah : menerima / menolak
hipotesis Nol
e. Tujuan penelitian : dinyatakan dalam :
1) Tujuan umum : secara garis besar yang
memuat gabungan tujuan khusus
2) Tujuan khusus : tujuan secara rinci yang
ingin di capai dari penelitian dibuat dalam kalimat berita, konsisten
f. Manfaat penelitian : menjelaskan tentang
yang dihasilkan setelah penelitian dilaksanakan.
3. Bab II tinjauan pustaka : berisi landasan
teori, asumsi-asumsi dan latar belakang literatur tsb digunakan dalam
penelitian. Landasan teori sebaiknya memuat hal-hal sbb :
a. Penelitian berdasarkan teori yg sudah ada
b. Teori yg ditulis sebaiknya yang berkaitan
dengan masalah dan variabel penelitian yg akan diteliti
c. Uraian didasarkan pada pustaka terbaru
d. Uraian dalam tinjauan pustaka mengacu
pada daftar pustaka yg digunakan dan menjadi dasar menyusun kerangka konsep
penelitian.
4. Bab III kerangka konsep penelitian :
menjelaskan hubungan antar variabel bebas (independent) dan variabel terikat
(dependent)
o
Variabel bebas : variabel penyebab, dapat
dimanipulasi oleh peneliti dan variabel yang memprediksi variabel terikat
o
Variabel terikat : variabel akibat, tidak
dimanipulasi oleh peneliti dan merupakan variabel yg diprediksi dari vaiabel
bebas
o
Definis operasional adalah ; penjelasan detail
ttg variabel penelitian, bagaimana variabel diukur/diobservasi, alat apa yg
digunakan dan skala pengukuran variabel.
5. Bab IV metodologi menjelaskan ttg :
a. Jenis penelitian : penjelasan mengenai jenis penelitian yg
digunakan dlm penelitian ilmiah
b. Populasi penelitian : berisi ttg populasi
penelitian. Terdiri atas populasi target dan populasi sampel
c. Cara pengambilan sampel : terdapat
beberapa cara pengambilan sampel ;
-
Secara acak (random) meliputi :
a. Pengambilan sampel acak sederhana
b. Pengambilan sampel acak stratifikasi
c. Pengambilan sampel acak sistematik
d. Pengambilan sampel acak cluster
e. Pengambilan sampel acak bertingkat
-
Cara pengambilan sampel secara non acak (non-random) :
a. Pengambilan sampel secara purpose
b. Pengambilan sampel secara quota
c. Pengambilan sampel secara kebetulan
d. Unit sampel adalah :
buku/disertasi/junal/barang yang akan dijadikan objek penelitian
e. Data : hasil pengukuran terhadap unit
sampel/responden penelitian.
f. Cara pengumpulan data : pengumpulan data
dapat dilakukan dgn cara : observasi, pengkuran, wawancara terstruktur,
diskusi, diskusi mendalam
g. Alat pengumpulan data ; data dikumpulkan
mengunakan :
a. Pertanyaan terstruktur tertutup artinya :
jawaban sudah diberikan responden tinggal memilih
b. Pertanyaan terstruktur tertutup : jawaban
responden dicatat dalam daftar pertanyaan
c. Formulir isian yang harus diisi
responden/ petugas pencatat hasil pengukuran
h. Cara analisis data , tahapanya sbb :
a. Pembuatan distribusi frekuensi tiap-tiap
variabel untuk mengambarkan seluruh variabel
b. Analisi suatu variabel (univariat)
bertujuan untuk mendiskripsikan masing-masing variabel dan mengambarkan
kecenderungan sentralnya ( mean, mode, median, persentil, kuartil )
c. Analisi dua variabel (bivariat) bertujuan
melakukan analisis antara variabel bebas dan variabel terikat
d. Analisis mult variabel ( multi variat )
bertujuan melakukan analisis antara beberapa variabel bebas dgn variabel
terikat sekaligus dan dapat mengambarkan ada/tidaknya hubungan
6. Bab V jadwal rencana penelitian
7. Bab VI kebutuhan angaran penelitian
8. Bab VIII daftar pustaka
0 comments:
Post a Comment