Thursday, May 8, 2014

RINGKASAN MATERI MODUL PUST4424 - METODE PENELITIAN PERPUSTAKAAN MODUL 2


PUST4424 - Metode Penelitian Perpustakaan
Sri Hartinah, Sri Suharmini W., 2012
Jakarta : Universitas Terbuka 

RINGKASAN MODUL MODUL 2 - METODOLOGI PENELITIAN BIDANG PERPUSTAKAAN

Kegiatan belajar 1
Ruang kajian dan penelitian di bidang perpustakaan

A.    Penelitian/kajian bidang perpustakaan masa lalu
Bidang-bidang perpustakaan yg sering dijadikan topik penelitian , seprti yg dikemukakan oleh Lynch dalam library (1984) antara lain :
1.     Penelitian praktis : bertujuan untuk memecahkan permasalah di bidang perpustakaan
2.     Penelitian bibliografi : tujuan mengurutkan kembali pemikiran orang lain
3.     Penelitian scholary : bertujuan mengoleksi data secara sistematik, mengorganisir dan melakukan analisis terhadap data
4.     Penelitian ilmiah : bertujuan untuk mencari pengalaman baru
Dalam melakukan penelitian bidang perpustakaan masa lalu memiliki keterbatsan antara lain :
1.     Lebih banyak berisi opini peneliti dari pada hasil observasi
2.     Keterbatasan data
3.     Obsevasi hanya dilakukan diperpustakaan setempat
4.     Peneliti tidak cukup menyebarkan hasil penelitianya
5.     Praktisi tidak memanfaatkan hasil penelitian
6.     Para profesional banyak dipenuhi dgn laporan-laporan bukan penelitian
7.     Pemakai jurnal penelitian sangat terbatas
8.     Disertasi jurang berhubungan dgn penelitian sebelumnya
9.     Dampak penelitian yg dilaporkan lemah dari segi pengawasan
Sampai tahun 1995 kegiatan penelitian bidang perpustakaan yg dilakukan berkisar topik :
1.     Kajian tentang penyimpanan dan temu kembali dokumen
2.     Kajian tentang jasa penelusuran informasi dan perpustakaan
3.     Kajian tentang klasifikasi dan indeks
4.     Kajian tentang sirkulasi, koleksi, administrasi dan otomasi


B.    Penelitian bidang perpustakaan masa mendatang
1.     Teori , metode dan evaluasi temu kembali nformasi , bagian ini meliputi : temu kembali , transformasi informasi
2.     Bibliometrika yaitu penerapan metode matematika informasi, komunikasi, informasi, ilmu perpustakaan dan statistika terhadap informasi terekam ; disini dibahas produktivitas pengarang, produktivitas majalah, teori ko-sitasi, analisis sitasi, pasangan bibliografi dan teori grafik pada komunikasi formal
3.     Komunikasi ilmiah dan transfer informasi ; disini membahas proses pencetusan, pengolahan, penyebaran dan penggunaan informasi terutama di kalangan ilmuwan
4.     Rancang bangun atau desain serta evaluasi sistem informasi
5.     Produk serta jasa informasi khusus
6.     Komputer sebagai gawai oleh informasi, khususnya yang berhubungan dengan bibliografi
7.     Representasi informasi mencakup pengertian indeks, abstrak, serta transformasi informasi terekam
8.     Pemakai serta penggunaan informasi dalam hal ini kajian permintaan dan penggunaan informasi oleh pemakai
9.     Berbagai aspek informasi seperti strategi penelusuran informasi, penerapan sistem pakar terhadap informasi

Kegiatan belajar 2
Metodologi penelitian bidang perpustakaan dan informasi
A.    Penelitian ilmiah
Adalah : kegiatan yg sistematik dan terorganisir untuk mencari/mendapatkan jawaban terhadap pertanyaan-pertanyaan penelitian dgn cara melakukan pengukuran terhadap elemen/responden penelitian.
o   Penelitian ilmiah dilakukan secara sistematik dan terorganisir dgn menggunakan prosedur dan tahapan yg jelas serta pengelolaan sumber daya ( manusia, waktu dan biaya ) agar mendapat hasil yg akurat
o   Sebelum melakukan penelitian hendaknya peneliti menyiapkan memahami hal-hal sbb : bidang yang akan diteliti, literatur pendukung topik, topik penelitian yg menjadi permaslahan dan perlu dicaikan pemecahanya, memberikan manfaat masyarakat luas, berdampak penting pada pengembangan bidang yg diteliti
o   Peneliti dasar adalah : penelitian yg merujuk kepada keaslian, merupakan penelitian ilmiah, cenderung teoritis.
o   Penelitian aplikatif/terapan adalah : penelitian yg lebih pragmatis, dan menghasilkan informasi yg berguna untuk memecahkan persoalan-persoalan khusus dalam situasi aktual.
o   Penelitian kuantitatif adalah : penelitian yang menggunakan pendekatan dgn pemecahan masalah, yg berhubungan dgn konsep kuantifikasi, disiapkan dgn cermat untuk melakukan pengukuran dan evaluasi
o   Penelitian kualitatif adalah : penelitian yg berfokus pada observasi kejadian-kejadian, fenomena yg diteliti kompleks, bersifat sosial dan mencoba mengerti perilaku individu-individu yg diamati

B.    Penelitian kuantitatif
Tipe penelitian kuantitatif di bidang perpustakaan yang sering dilakukan adalah : action research, dan evaluation research :
1.     Action research  adalah : tipe paling penting  dari penelitian aplikasi.
o   Action research berbeda dgn penelitian aplikasi, dalam action reseracrh mempunyai aplikasi langsung ke penelitian sedangkan penelitian aplikasi mempunyai tujuan lebih luas.
o   Tujuan : mengembangkan kemampuan baru/pendekatan baru dan memecahkan persoalan dgn aplikasi langsung kepada anggota kelas/responden/tempat kerja yg sudah ditata
o   Penelitian action R merupakan penelitian yg praktis, fleksibel, adaptif dan empiris tetapi lemah dalam validitas eksternal dan internal
o   Tahapan penelitian action R :
a.     Mendefinisikan masalah / menentukan tujuan
b.     Studi pustaka
c.     Memformulasikan hipotesis
d.     Menyiapkan kegistan penelitian
e.     Menyiapkan teknik pengukuran dan evaluasi
f.      Analisis data dan evaluasi hasil penelitian
2.     Penelitian evaluasi (evaliation reserach )
o   Disebut juga penelitian terapan karena bertujuan untuk menjawab hal-hal praktis dan mencoba menjawab pertanyaan-pertanyaan :
-        Apa yang menjadi masalah pokok dalam masyarakat
-        Program apa untuk mengatasi maslah
-        Bagaimana program tsb dapat dilaksanakan
-        Apakah program yg dilaksanakan sesuai program
-        Apakah tujuan tercapai
o   Tujuan awal penelitian evaluasi tidak untuk menemukan pengetahuan baru tetapi lebih pada menguji dan mengaplikasikan pengetahuan ke dalam progaram/kegiatan
o   Penelitian evaluasi digunakan meneliti hubungan antarvariabel dan sebab akibat
o   Penelitian evaluasi seringnya kurang dapat mengontrol variabel, terkendala waktu dan tempat. Apabila peneliti mempunyai kepentingan dalam penelitian maka penyebab bias dalam penelitianya

o   Ada 2 jenis penelitian evaluasi :
1.     Evaluasi formative : penelitian saat program berjalan, untuk melihat dan meneliti pelaksanaan suatu program, evaluasi sering kualitatif dan digunakan untuk mencari umpan balik, gunak memperbaiki program
2.     Evaluasi summative atau penelitian outcome : dilaksanakan pada akhir program untuk mengukur dampak dari program atau ketercapaian tujuan program
C.    Penelitian kualitatif
1.     Penelitian lapangan/studi lapangan
o   Adalah : penelitian yang dilakukan di lapangan agar sesuai dgn situasi nyata
o   Peneliti melakukan manipulasi/kontrol terhadap satu atau beberapa variabel bebas walaupun tidak sebesar dilabolatorium
o   Kelebihan : lebih realistik, orientasi teori yang kuat, bermakna dan variabel kuat
2.     Analisis konten
o   Adalah : kegiatan analisis terhadap isi materi (buku, film) melalui klasifikasi, tabulasi, dan evaluasi kata kunci dalam rangka mencari arti dan kemungkinan dampak.
o   Dalam analisi konten perlu memahami istilah-istilah berikut :
a.     Datum : unit informasi yang dicatat, dianalisis dengan teknik-teknik tertentu dan relevan dgn sebuah permasalahan. Unit informasi dapat berupa : hal buku, kata, referensi ( objrk , kejadian, orang, kegiatan ), proporsi , tematik
b.     Catatan lapangan : alat pengumpul data berisi setiap perkataan investigator (peneliti), pengalaman-pengalaman, dan ingatan-ingatan sebagai pendapat awal peneliti. C/: catatan harian, pengalaman lapangan.
c.     Memo (memos ) : catatan/tulisan formal yg dibuat investigator (peneliti) untuk menangkap proses konten analisis.
3.     Penelitian dokumen
o   Adalah : penelitian terhadap dokumen yang selama ini terkumpul diperpustakaan.
o   Tujuan : dengan melakukan pengumpulan data secara sistematik dan evaluasi yg berhubungan dgn kejadian masa lalu untuk menguji hipotesis terhadap penyebab, dampak/tren kejadian yg dapat membantu menjelaskan kejadian saat ini dan mengantisipasi kejadian masa datang.
o   Ada 2 dimensi penelitian dokumen : yaitu ; dimensi kronologi pembuatan dokumen dan dimensi kapan kejadian terjadi.
o   Menurut Hillway terdapat 6 kelompok penelitian terhadap dokumen penelitian yaitu :
a.     Penelitian biografi
b.     Penelitian dokumen institusi/organisasi
c.     Penelitian terhadap sumber informasi dan influences
d.     Editing dan menerjemahkan dokumen
e.     Studi terhadap dokumen ide-ide pemikiran
f.      Kompilasi bibliografi
o   Dalam melakukan penelitian dokumen perpustakaan ada beberapa tahapan Sbb:
a.     Mengidentifikasi masalah                                    e. Mengorganisasi dan analisis data scr kualitatif
b.     Mengumpulkan informasi latar belakang              f. Menginterprestasikan hasil analisis dan kesimpulan
c.     Memformulasikan hipotesis apabila memungkinkan
d.     Mengupulkan data

D.    Beberapa metode khusus penelitian bidang perpustakaan dan informasi
1.     Penelitian survei
o   Adalah penelitian yang dilakukan terhadap seluruh unit penelitian populasi.
o   Penelitian survei dapat merupakan pengumpulan data sederhana (jumlah buku, jumlah jurnal ilmiah, jurnal pustakawan ) bersifat menerangkan
o   Tujuan : mendiskripsikan kejadian relatif, distribusi dan hubungan antar variabel yg terjadu secara alami
o   Beberapa tipe penelitian survei :
a.     Studi sesaat/cross-sectional studi
b.     Studi kecenderungan/trend study
c.     Studi kohort/cohort study
d.     Studi panel/panel study
e.     Studi longitudinal/longitudinal study
f.      Studi sampel paralel
g.     Studi kontektual
h.     Studi sosiometrik
i.       Studi kritikal insiden
o   Tahapan penelitian survei :
a.     Memformulasikan masalah penelitian
b.     Menyiapkan teknik pengumpulan data
c.     Menentukan besar sampel
d.     Mengumpulkan data
e.     Analisi dan interprestasi
2.     Penelitian eksperimen
o   Dapat dilakukan di lab atau lapangan. Dimaksudkan untuk menguji hipotesa dan mengetahui apakah variabel eksperimen efektif atau tdk dilaksanakan.
o   Penelitian eksperimen adalah : suatu penelitian dan peneliti dapat melakukan kontrol/perubahan pada variabel bebas
o   Struktur dasar adalah hipotesis : X berpengaruh terhadap Y
3.     Operation research (OR)
o   Adalah : penerapan metode ilmiah dalam pengelolaan operasi-operasi yg digunakan oleh pemimpin dalam membuat keputusan
o   OR digunakan untuk mengidentifikasi penyelesaian optimal terhadap pemasalahan yang nyata menggunakan teknik matematika
o   Beberapa tipr OR : pengalokasian sumber daya, antrian, inventory, teori antrian, dan strategi kompetitif
o   Menurut O’niell tahapaan pelaksanaan OR :
a.     Memformulasikan permasalahan
b.     Membuat model matematis yang akan digunakan
c.     Membuat sebuah solusi dari model yg dibuat
d.     Menguji model dan solusi yg dihasilkan dari model
e.     Memantapkan hasil yg sudah dicapai
f.      Mengimplementasikan solusi yg di hasilkan
4.     Modelling
o   Sering dikatakan sebagai simulasi merupakan hal terpenting dari metodologi OR.
o   Sebuah model adalah : abstraksi/bentuk sederhana dari pekerjaan yg sebenarnya.
5.     Analisis sistem
o   Analisis sistem menjelaskan tujuan-tujuan dan capaian (performance), lingkungan, sumberdaya, komponen, dan manajemen dari keseluruhan sistem
6.     Studi kasus ( case study )
o   Adalah : salah satu metode penelitian kualitatif bidang perpustakaan dan informasi yg melihat sebuah fenomena yg diteliti tanpa melakukan intervensi.
o   Biasanya digunakan untuk sejumlah subjek penelitian yang sedikit dan selanjutnya dilakukan analisis terhadap data yg terkumpul
o   Hasil penelitian hanya berupa kumpulan informasi yang berhasil dicatat peneliti, apabila kurang cocok dikrim kembali ke reponden/pakar/pengguna perpustakaan untuk mendapatkan tanggapan mereka
7.     Deplhi study
o   Adalah : sebuah prosedur penelitian dgn menggunakan kuesioner, yang didesain untuk mendapatkan konsensus melalui respon yg diberikan responden.
8.     Bibliometrics
o   Yaitu :  penerapan metode matematika dan statistika terhadap informasi terekam, umumnya terhadap majalah, buku, dan media komunikasi lainnya.
o   Studi awal  terhadap bibliometrics menghasilkan 3 hukum dasar yaitu :
a.     Hukum bradford (bradford’s law of scatter ) : mendiskripsikan bagaimana area subjek literatur terdistribusi dalam setiap jurnal dan menghitung berapa banyak jurnal mengandung prosentase tertentu dari publikasi artikel
b.    Hukum lotka (lotka’s law ) : sebuah rumus untuk menghitung/memprediksi produktivitas peneliti dalam menulis tulisan ilmiah
c.     Hukum zip (zip’s law) : mendiskripsikan frekuensi kemunculan kata tertentu / kata-kata familiar digunakan seseorang dalam membuat tulisan.
o   Kegiatan-kegiatan dalam melakukan penelitian bibliometrik menurut white, et all :
a.     Meningkatkan kontrol bibliometrik terhadap literatur
b.     Mengidentifikasi basis literatur, khususnya jurnal
c.     Mengklasifikasi literatur
d.     Menyeleksi ide-ide yang terbesar dan pertumbuhan literatur
e.     Mendesain sistem informasi dan jaringan yg lebih ekonomis
f.      Meningkatkan efisiensi layanan pengelolaan informasi
g.     Memprediksi trend publikasi
h.     Mendiskripsikan pola buku yg digunakan oleh patrons
i.       Membangun dan mengevaluasi koleksi perpustakaan

E.    Metode penelitian berbasis teknologi (technology-based research mathods)
o   Adalah : kegiatan penelitian bidang perpustakaan dan informasi yang dilakukan dengan menggunakan teknologi informasi dan komunikasi yang tersedia saat ini seperti: internet, web, GIS
o   GIS (geographic information system ) : teknologi untuk melakukan pengumpulan, penyimpanan, analisis objek, dan fenomena lainya dari berbagai belahan dunia secara cepat dan tepat.

Kegiatan belajar 3
Pembuatan proposal penelitian ilmiah
A.    Siklus penelitian

 GAMBAR ADA PADA FILE PDF

o   Beberapa komponen penting dalam melakukan penelitian ilmiah yaitu :
a.     Judul penelitian
b.     Perumusan maslah
c.     Pertanyaan penelitian
d.     Tujuan dan manfaat penelitian
e.     Teori asumsi-asumsi dan literatur yg digunakan
f.      Hipotesis penelitian
g.     Konsep/desain penelitian
h.     Definisi operasional variabel penelitian
i.       Metodologi penelitian
j.       Kesimpulan dan generalisasi hasil penelitian

 B.    Proposal penelitian
o   Proposal penelitian berisi garis besar kegiatan penelitian, berisi komponen-komponen, antar komponen harus konsisten, mempertimbangkan etika penelitian sehingga hasil penelitian valid
o   Isi proposal penelitian secara rinci adalah sbb :
1.     Judul penelitian : singkat, jelas, mudah dipahami, menarik, sesuai masalah aktual
2.     Bab I pendahuluan :
a.     Latar belakang : berisi uraian ttg tahapan identifikasi masalah penelitian dan keinginan peneliti untuk mencari jawaban atas permasalahan ; dalam latar belakang menjelaskan :
1)    hal-hal yang mendorong dan pentingnya dilakukan penelitian
2)    kebijakan pemerintah yg berisi harapan-harapan thd bidang yang akan dikaji
3)    UU supra sistem yg mendukung kebijakan bidang yg diteliti
4)    Penelitian yg diteliti oleh peneliti lain yg berkaitan dgn bidang yg diteliti
5)    Kondisi yang ada saat ini ttg masalah yg akan diteliti
6)    Apabila antara kondisi saat ini dan kondisi diharapkan masih terdapat kesenjangan dan masalah-masalah yg harus dipecahkan dan ditanggulangi
b.     Perumusan dan pemilihan masalah : berisi beberapa uraian masalah yang terjadi dan perlu pemecahan. Suatu maslah dikatakan penting untuk diteliti, perlu dibandingkan terlebih dahulu dengan :
1)    Masalah sebelumnya
2)    Masalah ditempat lain
3)    Target yang diharapkan
4)    Masalah tersebut memberikan dampak yg besar
c.     Pertanyaan penelitian
d.     Hipotesis penelitian : pernyataan jawaban sementara penelitian, yang akan dibuktikan kebenarannya dengan hasil penelitian nanti. Syarat membuat hipotesisi :
1)    Harus konsisten dengan pertanyaan penelitian
2)    Merupakan kalimat deklaratif
3)    Hanya dibuat untuk penelitian analitik
4)    Hanya dibuat untuk pertanyaan utama
5)    Menyebutkan variabel secara specifik
6)    Mangandung satu variabel bebas/lebih dan satu variabel terikat/tergantung
Ada 2 macam hipotesis :
o   hipotesis  Nol : pertanyaan apabila dalam pelaksanaan penelitian, peneliti tidak melakukan perlakuan/intevensi variabel penelitian.
o   Hipotesis alternatif : kebalikan dari hipotesis nol
o   Pertanyaan hipotesis Nol selalu ada kata-kata :
1)    Sama dengan
2)    Tidak ada perbedaan
3)    Tidak ada hubungan
o   Hipotesis Nol diasumsikan benar , dan dilakukan uji hipotesis
o   Kesimpilan uji adalah : menerima / menolak hipotesis Nol
e.     Tujuan penelitian : dinyatakan dalam :
1)    Tujuan umum : secara garis besar yang memuat gabungan tujuan khusus
2)    Tujuan khusus : tujuan secara rinci yang ingin di capai dari penelitian dibuat dalam kalimat berita, konsisten
f.      Manfaat penelitian : menjelaskan tentang yang dihasilkan setelah penelitian dilaksanakan.
3.     Bab II tinjauan pustaka : berisi landasan teori, asumsi-asumsi dan latar belakang literatur tsb digunakan dalam penelitian. Landasan teori sebaiknya memuat hal-hal sbb :
a.     Penelitian berdasarkan teori yg sudah ada
b.     Teori yg ditulis sebaiknya yang berkaitan dengan masalah dan variabel penelitian yg akan diteliti
c.     Uraian didasarkan pada pustaka terbaru
d.     Uraian dalam tinjauan pustaka mengacu pada daftar pustaka yg digunakan dan menjadi dasar menyusun kerangka konsep penelitian.
4.     Bab III kerangka konsep penelitian : menjelaskan hubungan antar variabel bebas (independent) dan variabel terikat (dependent)
o   Variabel bebas : variabel penyebab, dapat dimanipulasi oleh peneliti dan variabel yang memprediksi variabel terikat
o   Variabel terikat : variabel akibat, tidak dimanipulasi oleh peneliti dan merupakan variabel yg diprediksi dari vaiabel bebas
o   Definis operasional adalah ; penjelasan detail ttg variabel penelitian, bagaimana variabel diukur/diobservasi, alat apa yg digunakan dan skala pengukuran variabel.
5.     Bab IV metodologi  menjelaskan ttg :
a.     Jenis penelitian :  penjelasan mengenai jenis penelitian yg digunakan dlm penelitian ilmiah
b.    Populasi penelitian : berisi ttg populasi penelitian. Terdiri atas populasi target dan populasi sampel
c.     Cara pengambilan sampel : terdapat beberapa cara pengambilan sampel ;
-        Secara acak (random) meliputi :
a.     Pengambilan sampel acak sederhana
b.     Pengambilan sampel acak stratifikasi
c.     Pengambilan sampel acak sistematik
d.     Pengambilan sampel acak cluster
e.     Pengambilan sampel acak bertingkat
-        Cara pengambilan sampel secara  non acak (non-random) :
a.     Pengambilan sampel secara purpose
b.     Pengambilan sampel secara quota
c.     Pengambilan sampel secara kebetulan
d.    Unit sampel adalah : buku/disertasi/junal/barang yang akan dijadikan objek penelitian
e.     Data : hasil pengukuran terhadap unit sampel/responden penelitian.
f.      Cara pengumpulan data : pengumpulan data dapat dilakukan dgn cara : observasi, pengkuran, wawancara terstruktur, diskusi, diskusi mendalam
g.    Alat pengumpulan data ; data dikumpulkan mengunakan :
a.     Pertanyaan terstruktur tertutup artinya : jawaban sudah diberikan responden tinggal memilih
b.     Pertanyaan terstruktur tertutup : jawaban responden dicatat dalam daftar pertanyaan
c.     Formulir isian yang harus diisi responden/ petugas pencatat hasil pengukuran
h.    Cara analisis data , tahapanya sbb :
a.     Pembuatan distribusi frekuensi tiap-tiap variabel untuk mengambarkan seluruh variabel
b.     Analisi suatu variabel (univariat) bertujuan untuk mendiskripsikan masing-masing variabel dan mengambarkan kecenderungan sentralnya ( mean, mode, median, persentil, kuartil )
c.     Analisi dua variabel (bivariat) bertujuan melakukan analisis antara variabel bebas dan variabel terikat
d.     Analisis mult variabel ( multi variat ) bertujuan melakukan analisis antara beberapa variabel bebas dgn variabel terikat sekaligus dan dapat mengambarkan ada/tidaknya hubungan
6.     Bab V jadwal rencana penelitian
7.     Bab VI kebutuhan angaran penelitian
8.     Bab VIII daftar pustaka


Download File PDF : Link 1 | Link 2

0 comments:

Post a Comment