PUST4418 - MANAJEMEN PENERBITAN
Yosal Iriantara, 2012
Jakarta : Universitas Terbuka
RINGKASAN MODUL 8 - PEMASARAN & DISTRIBUSI PENERBITAN
KB
1 PEMASARAN TERBITAN
Prinsip dasar pemasaran yg dilakukan
sektor publik (Dann & Dann) adl :
1.
Pemasaran mrpk
proses dua arah, sehingga bkn pendekatan satu satu arah yg hny memberi manfaat
utk kepentingan distribusi saja
2.
Berorientasi
pd kustomer shg pemasaran yg efektif akan bergantung pd apa yg dibutuhkan
individu & bagaimana memenuhi dgn produk yg dibuat
3.
Pemasaran mrpk
praktek menejerial yg melibatkan pendekatan brtahap, yaitu :
a.
Filsafat
berpusat pd klien
b.
Alokasi sumber
daya scr strategis melalui penelitian pasar & segmentasi pasar
c.
Mengembangkan
taktik yg memadukan program distribusi & cara penyampaian produknya
Penyebab
kegagalan sektor publik menggunakan pendekatan pemasaran :
1.
Terbatasnya
pemahaman thd sifat pemasaran
2.
Reputasi
pemasaran tdk begitu baik akibat ulah segelintir pemasar yg bertindak tdk etis
3.
Sering kali
menggantungkan harapan pada pemasaran yg terlalu tinggi, padahal anggaran yg
disediakan sedikit & ingin dicapai pada waktu singkat
4.
Tdk mampu
memanfaatkan segmentasi pasar
5.
Terbatasnya
akses pada keterlibatan dlm mengembangkan produk yg akhirnya membutuhkan kegiatan pemasaran utk bisa sampai pd
pengguna.
A.
KONSEP DASAR
PEMASARAN
Pengertian Pemasaran adal :
-
Menurut The Chartered
Institute of Marketing, pemasaran adl proses manajemen yg mengidentifikasi,
mengantisipasi & memuaskan kustomer yg mjd syarat utk bisa memperoleh laba.
-
Philip
Kotler menyebut pemasaran sbg proses sosial yg membuat individu
& kelompok memperoleh apa yg dibutuhkan & diinginkan melalui penciptaan
& pertukaran produk & nilai dgn org lain.
-
Palmer yg menempatkan
pemasaran dlm konteks 4P, mndefinisikan pemasaran sbg kegiatan yg pd hakikatnya
mengelola sumber daya organisasi shg organisasi tsb bisa memenuhi perubahan
kebutuhan kustomer yg bergantung pd organisasi utk bisa memenuhinya.
-
Bartles menyebut
pemasaran sbg proses tempat masyarakat, memasok kebutuhan konsumsinya, dgn
mengembangkan sistem distribusi yg melibatkan sejmlh partisipan, yg
berinteraksi dibawah kendala2 (teknis & etis) yg melahirkan transaksi/arus
yg menghentikan pemisahan pasar & menghslkan pertukaran & konsumsi.
Konsep dasar
yg terkait dgn pemasaran :
a. Konsep produk,
melihat
kustomer sbg org yg lbh memilih produk yg menawarkan fitur2 yg lbh berkualitas,
berkinerja bgus atau inovatif.
b. Konsep
penjualan, melihat kunci keberhasilan pencapaian tujuan
organisasi adl kemampuan organisasi utk bisa menjual & tak memperhatikan
apakah produk itu dibutuhkan pasar atau tdk
c. Konsep
pemasaran, melihat tujuan organisasi mencakup
efektivitas & evisiensi produksi dibandingkan kompetitor dlm membuat, menyampaikan
& mengomunikasi nilai pd kustomer yg mrpk sasaran produk
d. Konsep
pemasaran sosial, perkembangan dr konsep pemasaran, bahwa tugas
organisasi adl menentukan apakah kebutuhan, keinginan & kepentingan sasaran
pasar & menyampaikan produk yg memuakan hasrat kustomer scr efektif &
efisien dibandingkan dgn kompetitor2nya.
Langkah2
pemasaran/ matriks Bauran pemasaran :
1.
Analisis 4. Taktik
2.
Tujuan 5. Implementasi
3.
Strategi 6. Kendali
Prinsip
pemasaran :
a.
Kenali siapa
sebenarnya khalayak anda
b.
Apa tindakan yg
akan anda lakukan
c.
Bagaimana
pertukaran yg terjadi
B.
BAURAN
PEMASARAN
KONSEP INTI PEMASARAN
GAMBAR ADA DALAM FILE PDF
Konsep dasar bauran pemasaran mrpk
paduan dr 4 komponen yg diperhitungkan dlm menyusun rencana pemasaran. Keempat
komponen tsb adl price, place, product
& promotion, biasa disingkat 4P. Dlm perkembangannya 4P mengalami
penyesuaian & perubahan. Ada yg menambah P satu lagi, yaitu people. Ada pula yg mengubahnya mjd SIVA
(strategy, information, value, access)
Bauran pemasaran adl kombinaasi dr
4 variable/kegiatan yg mrpk inti dari sistem pemasaran perusahaan, yakni
produk, struktur harga, kegiatan promodi & sistem distribusi.
a. Produk
Produk adl barang/jasa yg dijual
perusahaan/organisasi bisnis. Istilah lain di dunia pemasaran adl bauran produk
(product mix) juga lini produk (product line). Menurut Swastha lini
produk adl sekelompok barang yg pd pokoknya cenderung mempunyai tujuan
penggunaan sama & memiliki karakteristik scr fisik yg hampir sama.
Sedangkan bauran produk adl seluruh barang yg dijual oleh satu organisasi
bisnis.
Utk kepentingan pemasaran kita
bisa memakai pilihan yg tersedia dlm strategi lini produk :
a.
Memperluas
lini produk
b.
Menyempitkan
bauran produk
c.
Perubahan
produk yg ada
d.
Pengembangan
manfaat dari produk yg ada
e.
Penentuan
posisi produk
f.
Melakukan peningkatan
(trading up)atau penurunan (trading down)
g.
Diferensiasi
barang & strategi pasar yg dilakukan dgn membuat segmentasi produk pd
kelompok usia, jenis kelamin atau penduduk satu wilayah.
b. Harga
Harga adl jml uang yg dibutuhkan
utk mendptkan sejml kombinasi dr barang beserta pelayanannya (Swasta). Tujuan
penetapan harga adl :
a.
Mendapatkan
laba maksimal
b.
Mendapatkan
pengembangan investasi yg ditargetkan/ pengembalian pd penjualan bersih
c.
Mencegah/mengurangi
persaingan
d.
Mempertahankan/memperbaiki
pangsa pasar
c. Distribusi
Saluran distribusi adl saluran yg
digunakan oleh produsen utk menyalurkan barang dr produsen sampai ke
konsumen/pemakai industri. Dgn demikian dlm distribusi barang itu akan ada
produsen, oerantara & konsumen akhir.
d. Promosi/komunikasi
pemasaran
Promosi mrpk penyampaian informasi
produk dr produsen pd konsumen. Komunikasi produk tdk menggunakan satu
saluran/media komunikasi saja melainkan menggunakan berbagai saluran
komunikasi, spt saluran komunikasi lisan, kelompok, tertulis & komuniksai massa.
Uraian Swastha, promosi adl arus
informasi/persuasi satu arah yg dibuat utk mengarahkan seseorg/organisasi pd
tindakan yg menciptakan pertukaran dlm pemasaran. Sedangkan Stanton menjelaskan
bauran promosi sbg kombinasi strategi yg paling baik dr variable2 periklanan,
personal selling & alat promosi lainyg kesemuanya direncanakan utk mencapai
tujuan program penjualan.
Variable2 bauran promosi
GAMBAR ADA DALAM FILE PDF
C.
PEMASARAN
HASIL TERBITAN
Kita hrs mengambil keputusan
strategi mana yg akn kita pergunakan utk kegiatan pemasaran. Memilih keputusan
dilakukan berdasarkan pertimbangan. Kita bisa mengambil keputusan dgn
pertimbangan logis-rasional. Ada data & fakta yg kita gunakan utk mengambil
keputusan, mungkin kita menggunakan analisis kuantitatif & kualitatif utk
pengambilan keputusan.
GAMBAR ADA DALAM FILE PDF
Gambar 4P
Kendala biasanya selalu ada dlm
setiap pilihan kita. Kita hrs berfikir bgmn meminimalkan/ menghilangkan
kendala, namun bisa memaksimalkan peluang yg tersedia. Kendala ada yg bisa kita
kendalikan namun ada jg yg tdk bisa di kendalikan. Utk bisa mengendalikan
kendala dibutuhkan kemampuan berfikir kreatif guna menyelesaikan masalah.
Komponen
bauran pemasaran :
1.
Keputusan
Produk
Terkait dgn produk, baik yg
bersifat kasat mata maupun tdk kasat mata, beberapa keputusan yg bisa dibuat
berdasarkan dimensi2 produk , yaitu :
a.
Merek (brand
name) f.
Kualitas
b.
Fungsi g.
Perbaikan & dukungan suku cadang
c.
Gaya h.
garansi
d.
Mutu i.
Aksesori & layanan
e.
Keamanan
2.
Keputusan
Harga
Keputusan penetapan harga utk kepentingan pemasaran
dibuat dgn memperhatikan :
a.
Strategi
penetapan harga yg misalnya terkait dgn upaya penetrasi pasar
b.
Harga utk
eceran
c.
Harga utk
partai bsr
d.
Diskon utk
pembayaran tunai atau pembayaran awal
e.
Harga yg
disesuaikan dgn situasi & kondisi
f.
Harga rata2
g.
Fleksibilitas
harga
h.
Perbedaan
harga utk wilayag tertentu.
3.
Keputusan
Pasar
Pengambilan keputusan utk kegiatan pemasaran adl :
a.
Strategi
promosi
b.
Iklan
c.
Personal
selling atau pembentukan wiraniaga’
d.
Public relation
& publisitas
e.
Promosi
penjualan
f.
Anggaran
komunikasi pemasaran
4.
Keputusan
Distribus
Keputusan yg diambil utk distribusi adl :
a.
Saluran
distribusi
b.
Cakupan
pasar(distribusi inklusif, selektif/eksklusif
c.
Saluran
keanggotaan yg spesifik
d.
Manajemen persediaan
produk
e.
Gudang
f.
Penetapan
pusat distribusi
g.
Pemrosesan
permintaan
h.
Transportasi
i.
Logistik
cadangan
KB
2 DISTRIBUSI TERBITAN
Sekarang ini pasar media mengalami perubahan
yg dinamakan sbg “ekonomi baru”.
Zotto mengutip Gordon menyatakan bahwa ekonomi baru mrpk persamaan dr
akselerasi tingkat kemajuan teknis dlm bidang teknologi informasi pd paruh ke-2
dasawarsa 1990an, tanpa memperhitungkan kontribusinya seblm thn 1995. Ekonomi
baru dipandang sbg transformasi yg mengurangi defisit anggaran, inflasi & siklus
bisnis.
Sedangkan menurut Bosworth & Triplett yg
dikutip Zotto, ekonomi baru mencakup
teknologi informasi spt komputer, periferalnya, software komputer, komunikasi & peralatan terkait. Daya
pendorong fenomena ekonomi baru adl dampak
globalisasi, intensifikasi kompetisi internasional & dampak inovasi
teknologi yg berlangsung pd dasawarsa lalu yg membawa pd perbaikan umum
alam peningkatan produktivitas jangka panjang.
Karakteristik ekonomi baru adl :
a.
Sektor ekonomi
informasi memberi sumbangan lbh dr 25%
pd tingkat pertumbuhan pendapatan domestik kotor (GDP)
b.
Dlm sektor
bisnis, internet dipakai sbg infrastruktur utk transaksi ekonomi setidaknya
oleh 25% bisnis.
c.
Setidaknya 25%
rumah tangga memiliki komputer & akses pd internet
A.
DISTRIBUSI
TERBITAN
Distribusi adl salah satu dr 4
komponen bauran pemasaran yaitu komponen place.
Distribusi dimaknai sbg sebuah sitem yg menghubungkan penghasil produk dgn
penggunanya. Distribusi bkn hny penyampaian scr fisik terbitan pd penggunanya
melainkan juga mrpk proses penyampaian gagasan & pikiran yg disampaikan
penulis melalui terbitan pd khalayaknya.
DISTRIBUSI TERBITAN KONVENSIONAL
GAMBAR ADA DALAM FILE PDF
Dr gmbr ada 3 metode deistribusi,
yaitu dibagikan cuma-cuma, pertukaran & memenuhi permintaan pengguna.
PROSES DISTIBUSI TERBITAN DIGITAL
GAMBAR ADA DALAM FILE PDF
Yg membedakan terbitan digital dgn
konvensional adl medium, bila pd terbitan konvensional pengguna bisa lgsg
membaca informasi yg disampaikan terbitan begitu memperoleh terbitan, maka utk
terbitan digital memerlukan perangkat lain.
Ada dua saluran distribusi utk
penerbitan konvensional & penerbitan digital, yaitu :
1.
Saluran
distribusi yg mengalihkan bentuk fisik medium penyimpanan informasi entah dlm
bntk cetakan maupun digital dr pembuat ke pengguna
2.
Distribusi yg
menggunakan saluran teknologi informasi & komunikasi, yg memungkinkan
terbitan digital bisa sampai dr pembuat terbitan ke tangan penggunanya.
B.
BENTUK2
DISTRIBUSI TERBITAN
Kekuatan & kelemahan bentuk
distribusi terbitan konvensional :
No
|
Bentuk distribusi
|
Kekuatan
|
Kelemahan
|
1
|
Pembagian
|
a.
Biaya
distribusi rendah
b.
Bisa
diketahui penerima terbitan
c.
Terbitan
bisa disebarkan sesuai waktu distribusi
d.
Bila sdh
membuat terbitan berdsrkan kategorisasi khalayak, maka distribusi mjd
efektif & produktif
|
a. Terbitan tdk semua diterima org yg
membutuhkan
b. Khalayak sasaran terbitan tdk tepat
c. Bisa mrpk kegiatan membagi hbs saja tanpa
melihat manfaatnya bagi khalayak
|
2
|
Pertukaran
|
a.
Penerima
mrpk institusi yg membutuhkan
b.
Bisa
memperkaya koleksi perpust krn ada pertukaran terbitan
c.
Biaya
distribusi relatif rendah krn tdk bny alokasi jmlh terbitan yg ditukar
|
a.
Tdk terjadi
pertukaran terbitan krn institusi yg mjd sasaran tdk membuat terbitan
b.
Terbitan yg
diberikan cenderung dipandang berbeda dgn terbitan yg dibeli
|
3
|
Permintaan
|
a.
Penerima
terbitan adl org yg membutuhkan
b.
Bisa
diketahui org yg menerima terbitan
c.
Peminta
terbitan aktif meminta
|
a.
Membuthkan
biaya distribusi yg tinggi
b.
Lambanya
penanganan permintaan
c.
Kemungkinan
ada org yg iseng meminta terbitan
d.
Pengelola
terbitan pasif, hny menunggu permintaan
|
Kekuatan & kelemahan bentuk
distribusi terbitan digital :
No
|
Bentuk distribusi
|
Kekuatan
|
Kelemahan
|
1
|
Pembagian
|
a.
Praktis
b.Tdk membutuhkan biaya pengiriman
c.
Tepat utk
kelompok sasaran yg memiliki kemampuan mengoperasikan komputer
d.Bisa diketahui org yg menerima distribusi terbitan
digital
|
a.
Bisa
diperoleh org yg tdk membutuhkan
b.
Membuthkan
keterampilan mengoperasikan komputer
c.
Tdk familier
bagi org yg tdk bisa mengoperasikan komputer
d.
Blm bny org
yg biasa membaca terbitan melalui layar komputer
|
2
|
Pertukaran
|
a.
Bisa dikirim
melalui email bila sulit mengirimkan fisik mediumnya
b.Bisa diketahui institusi yg akan
menerimanya
|
a.
Mungkin
dikirimkan pd institusi yg tdk membutuhkannya
b.Tdk terjadi kegiatan pertukaran
|
3
|
Permintaan
|
a.
Biaya kirim
relatif murah
b.Praktis
c.
Mudh dikemas
d.Bisa mengarahkan mrk yg meminta dikirim
CD/DVD utk megunduh sendiri informasi yg diminta pd situs perpust
|
a.
Ada
kemungkinan peminta adl org yg tdk membutuhkan, namun hny ingin memperoleh
pemberian gratis
b.Ada kemungkinan CD/DVD rusak dlm proses
pengiriman shg tdk bisa dibuka
|
4
|
Pengunduhan Dokumen
|
a.
Tdk
membutuhkan biaya distribusi
b.Menjangkau sasaran yg luas & tersebar
c.
Ada
mekanisme penyeleksian sendiri, krn hny org yg berminat yg membuka situs
d.Memudahkan pemberian umpan balik dari
pengguna
|
a.
Khalayak
penerima tdk spesifik
b.Bila tdk ditangani cermat, dokumenya rentan
thd serangan hacker
c.
Terjadi
gangguan komunikasi shg tdk bisa mengakses situs perpust
d.Terjadi gangguan akses manakala jml
pengakses pd wkt yg sama terlalu bny
|
0 comments:
Post a Comment