Thursday, May 8, 2014

RINGKASAN MATERI MODUL PUST4418 - MANAJEMEN PENERBITAN MODUL 8


PUST4418 - MANAJEMEN PENERBITAN
Yosal Iriantara, 2012
Jakarta : Universitas Terbuka 


RINGKASAN MODUL 8 - PEMASARAN & DISTRIBUSI PENERBITAN

KB 1  PEMASARAN TERBITAN
          Prinsip dasar pemasaran yg dilakukan sektor publik (Dann & Dann) adl :
1.     Pemasaran mrpk proses dua arah, sehingga bkn pendekatan satu satu arah yg hny memberi manfaat utk kepentingan distribusi saja
2.     Berorientasi pd kustomer shg pemasaran yg efektif akan bergantung pd apa yg dibutuhkan individu & bagaimana memenuhi dgn produk yg dibuat
3.     Pemasaran mrpk praktek menejerial yg melibatkan pendekatan brtahap, yaitu :
a.     Filsafat berpusat pd klien
b.     Alokasi sumber daya scr strategis melalui penelitian pasar & segmentasi pasar
c.     Mengembangkan taktik yg memadukan program distribusi & cara penyampaian produknya

Penyebab kegagalan sektor publik menggunakan pendekatan pemasaran :
1.     Terbatasnya pemahaman thd sifat pemasaran
2.     Reputasi pemasaran tdk begitu baik akibat ulah segelintir pemasar yg bertindak tdk etis
3.     Sering kali menggantungkan harapan pada pemasaran yg terlalu tinggi, padahal anggaran yg disediakan sedikit & ingin dicapai pada waktu singkat
4.     Tdk mampu memanfaatkan segmentasi pasar
5.     Terbatasnya akses pada keterlibatan dlm mengembangkan produk yg akhirnya membutuhkan  kegiatan pemasaran utk bisa sampai pd pengguna.

A.      KONSEP DASAR PEMASARAN
Pengertian Pemasaran adal :
-        Menurut The Chartered Institute of Marketing, pemasaran adl proses manajemen yg mengidentifikasi, mengantisipasi & memuaskan kustomer yg mjd syarat utk bisa memperoleh laba.
-        Philip Kotler menyebut pemasaran sbg proses sosial yg membuat individu & kelompok memperoleh apa yg dibutuhkan & diinginkan melalui penciptaan & pertukaran produk & nilai dgn org lain.
-        Palmer yg menempatkan pemasaran dlm konteks 4P, mndefinisikan pemasaran sbg kegiatan yg pd hakikatnya mengelola sumber daya organisasi shg organisasi tsb bisa memenuhi perubahan kebutuhan kustomer yg bergantung pd organisasi utk bisa memenuhinya.
-        Bartles menyebut pemasaran sbg proses tempat masyarakat, memasok kebutuhan konsumsinya, dgn mengembangkan sistem distribusi yg melibatkan sejmlh partisipan, yg berinteraksi dibawah kendala2 (teknis & etis) yg melahirkan transaksi/arus yg menghentikan pemisahan pasar & menghslkan pertukaran & konsumsi.

Konsep dasar yg terkait dgn pemasaran :
a.     Konsep produk, melihat kustomer sbg org yg lbh memilih produk yg menawarkan fitur2 yg lbh berkualitas, berkinerja bgus atau inovatif.
b.     Konsep penjualan, melihat kunci keberhasilan pencapaian tujuan organisasi adl kemampuan organisasi utk bisa menjual & tak memperhatikan apakah produk itu dibutuhkan pasar atau tdk
c.     Konsep pemasaran, melihat tujuan organisasi mencakup efektivitas & evisiensi produksi dibandingkan kompetitor dlm membuat, menyampaikan & mengomunikasi nilai pd kustomer yg mrpk sasaran produk
d.     Konsep pemasaran sosial, perkembangan dr konsep pemasaran, bahwa tugas organisasi adl menentukan apakah kebutuhan, keinginan & kepentingan sasaran pasar & menyampaikan produk yg memuakan hasrat kustomer scr efektif & efisien dibandingkan dgn kompetitor2nya.

Langkah2 pemasaran/ matriks Bauran pemasaran :
1.     Analisis             4. Taktik
2.     Tujuan              5. Implementasi
3.     Strategi             6. Kendali

Prinsip pemasaran :
a.     Kenali siapa sebenarnya khalayak anda
b.     Apa tindakan yg akan anda lakukan
c.     Bagaimana pertukaran yg terjadi

B.      BAURAN PEMASARAN
KONSEP INTI PEMASARAN
 GAMBAR ADA DALAM FILE PDF
Konsep dasar bauran pemasaran mrpk paduan dr 4 komponen yg diperhitungkan dlm menyusun rencana pemasaran. Keempat komponen tsb adl price, place, product & promotion, biasa disingkat 4P. Dlm perkembangannya 4P mengalami penyesuaian & perubahan. Ada yg menambah P satu lagi, yaitu people. Ada pula yg mengubahnya mjd SIVA (strategy, information, value, access)
Bauran pemasaran adl kombinaasi dr 4 variable/kegiatan yg mrpk inti dari sistem pemasaran perusahaan, yakni produk, struktur harga, kegiatan promodi & sistem distribusi.
a.     Produk
Produk adl barang/jasa yg dijual perusahaan/organisasi bisnis. Istilah lain di dunia pemasaran adl bauran produk (product mix) juga lini produk (product line). Menurut Swastha lini produk adl sekelompok barang yg pd pokoknya cenderung mempunyai tujuan penggunaan sama & memiliki karakteristik scr fisik yg hampir sama. Sedangkan bauran produk adl seluruh barang yg dijual oleh satu organisasi bisnis.
Utk kepentingan pemasaran kita bisa memakai pilihan yg tersedia dlm strategi lini produk :
a.     Memperluas lini produk
b.     Menyempitkan bauran produk
c.     Perubahan produk yg ada
d.     Pengembangan manfaat dari produk yg ada
e.     Penentuan posisi produk
f.      Melakukan peningkatan (trading up)atau penurunan (trading down)
g.     Diferensiasi barang & strategi pasar yg dilakukan dgn membuat segmentasi produk pd kelompok usia, jenis kelamin atau penduduk satu wilayah.
b.    Harga
Harga adl jml uang yg dibutuhkan utk mendptkan sejml kombinasi dr barang beserta pelayanannya (Swasta). Tujuan penetapan harga adl :
a.     Mendapatkan laba maksimal
b.     Mendapatkan pengembangan investasi yg ditargetkan/ pengembalian pd penjualan bersih
c.     Mencegah/mengurangi persaingan
d.     Mempertahankan/memperbaiki pangsa pasar
c.     Distribusi
Saluran distribusi adl saluran yg digunakan oleh produsen utk menyalurkan barang dr produsen sampai ke konsumen/pemakai industri. Dgn demikian dlm distribusi barang itu akan ada produsen, oerantara & konsumen akhir.
d.    Promosi/komunikasi pemasaran
Promosi mrpk penyampaian informasi produk dr produsen pd konsumen. Komunikasi produk tdk menggunakan satu saluran/media komunikasi saja melainkan menggunakan berbagai saluran komunikasi, spt saluran komunikasi lisan, kelompok, tertulis & komuniksai massa.
Uraian Swastha, promosi adl arus informasi/persuasi satu arah yg dibuat utk mengarahkan seseorg/organisasi pd tindakan yg menciptakan pertukaran dlm pemasaran. Sedangkan Stanton menjelaskan bauran promosi sbg kombinasi strategi yg paling baik dr variable2 periklanan, personal selling & alat promosi lainyg kesemuanya direncanakan utk mencapai tujuan program penjualan.
Variable2 bauran promosi

GAMBAR ADA DALAM FILE PDF

C.      PEMASARAN HASIL TERBITAN
Kita hrs mengambil keputusan strategi mana yg akn kita pergunakan utk kegiatan pemasaran. Memilih keputusan dilakukan berdasarkan pertimbangan. Kita bisa mengambil keputusan dgn pertimbangan logis-rasional. Ada data & fakta yg kita gunakan utk mengambil keputusan, mungkin kita menggunakan analisis kuantitatif & kualitatif utk pengambilan keputusan.
GAMBAR ADA DALAM FILE PDF
Gambar 4P
Kendala biasanya selalu ada dlm setiap pilihan kita. Kita hrs berfikir bgmn meminimalkan/ menghilangkan kendala, namun bisa memaksimalkan peluang yg tersedia. Kendala ada yg bisa kita kendalikan namun ada jg yg tdk bisa di kendalikan. Utk bisa mengendalikan kendala dibutuhkan kemampuan berfikir kreatif guna menyelesaikan masalah.
Komponen bauran pemasaran :
1.     Keputusan Produk
Terkait dgn produk, baik yg bersifat kasat mata maupun tdk kasat mata, beberapa keputusan yg bisa dibuat berdasarkan dimensi2 produk , yaitu :
a.     Merek (brand name)                             f. Kualitas
b.     Fungsi                                                 g. Perbaikan & dukungan suku cadang
c.     Gaya                                                   h. garansi
d.     Mutu                                          i. Aksesori & layanan
e.     Keamanan
2.     Keputusan Harga
Keputusan penetapan harga utk kepentingan pemasaran dibuat dgn memperhatikan :
a.     Strategi penetapan harga yg misalnya terkait dgn upaya penetrasi pasar
b.     Harga utk eceran
c.     Harga utk partai bsr
d.     Diskon utk pembayaran tunai atau pembayaran awal
e.     Harga yg disesuaikan dgn situasi & kondisi
f.      Harga rata2
g.     Fleksibilitas harga
h.     Perbedaan harga utk wilayag tertentu.
3.     Keputusan Pasar
Pengambilan keputusan utk kegiatan pemasaran adl :
a.     Strategi promosi
b.     Iklan
c.     Personal selling atau pembentukan wiraniaga’
d.     Public relation & publisitas
e.     Promosi penjualan
f.      Anggaran komunikasi pemasaran
4.     Keputusan Distribus
Keputusan yg diambil utk distribusi adl :
a.     Saluran distribusi
b.     Cakupan pasar(distribusi inklusif, selektif/eksklusif
c.     Saluran keanggotaan yg spesifik
d.     Manajemen persediaan produk
e.     Gudang
f.      Penetapan pusat distribusi
g.     Pemrosesan permintaan
h.     Transportasi
i.       Logistik cadangan

KB 2  DISTRIBUSI TERBITAN
Sekarang ini pasar media mengalami perubahan yg dinamakan sbg “ekonomi baru”. Zotto mengutip Gordon menyatakan bahwa ekonomi baru mrpk persamaan dr akselerasi tingkat kemajuan teknis dlm bidang teknologi informasi pd paruh ke-2 dasawarsa 1990an, tanpa memperhitungkan kontribusinya seblm thn 1995. Ekonomi baru dipandang sbg transformasi yg mengurangi defisit anggaran, inflasi & siklus bisnis.
Sedangkan menurut Bosworth & Triplett yg dikutip Zotto, ekonomi baru mencakup teknologi informasi spt komputer, periferalnya, software komputer, komunikasi & peralatan terkait. Daya pendorong fenomena ekonomi baru adl dampak globalisasi, intensifikasi kompetisi internasional & dampak inovasi teknologi yg berlangsung pd dasawarsa lalu yg membawa pd perbaikan umum alam peningkatan produktivitas jangka panjang.
Karakteristik ekonomi baru adl :
a.     Sektor ekonomi informasi memberi sumbangan lbh dr 25%  pd tingkat pertumbuhan pendapatan domestik kotor (GDP)
b.     Dlm sektor bisnis, internet dipakai sbg infrastruktur utk transaksi ekonomi setidaknya oleh 25%  bisnis.
c.     Setidaknya 25% rumah tangga memiliki komputer & akses pd internet
A.    DISTRIBUSI TERBITAN
Distribusi adl salah satu dr 4 komponen bauran pemasaran yaitu komponen place. Distribusi dimaknai sbg sebuah sitem yg menghubungkan penghasil produk dgn penggunanya. Distribusi bkn hny penyampaian scr fisik terbitan pd penggunanya melainkan juga mrpk proses penyampaian gagasan & pikiran yg disampaikan penulis melalui terbitan pd khalayaknya.
DISTRIBUSI TERBITAN KONVENSIONAL
GAMBAR ADA DALAM FILE PDF
Dr gmbr ada 3 metode deistribusi, yaitu dibagikan cuma-cuma, pertukaran & memenuhi permintaan pengguna.
PROSES DISTIBUSI TERBITAN DIGITAL
GAMBAR ADA DALAM FILE PDF
Yg membedakan terbitan digital dgn konvensional adl medium, bila pd terbitan konvensional pengguna bisa lgsg membaca informasi yg disampaikan terbitan begitu memperoleh terbitan, maka utk terbitan digital memerlukan perangkat lain.
Ada dua saluran distribusi utk penerbitan konvensional & penerbitan digital, yaitu :
1.     Saluran distribusi yg mengalihkan bentuk fisik medium penyimpanan informasi entah dlm bntk cetakan maupun digital dr pembuat ke pengguna
2.     Distribusi yg menggunakan saluran teknologi informasi & komunikasi, yg memungkinkan terbitan digital bisa sampai dr pembuat terbitan ke tangan penggunanya.
B.    BENTUK2 DISTRIBUSI TERBITAN
Kekuatan & kelemahan bentuk distribusi terbitan konvensional :
No
Bentuk distribusi
Kekuatan
Kelemahan
1
Pembagian
a.   Biaya distribusi rendah
b.  Bisa diketahui penerima terbitan
c.   Terbitan bisa disebarkan sesuai waktu distribusi
d.  Bila sdh membuat terbitan berdsrkan kategorisasi khalayak, maka distribusi mjd efektif  & produktif
a. Terbitan tdk semua diterima org yg membutuhkan
b. Khalayak sasaran terbitan tdk tepat
c. Bisa mrpk kegiatan membagi hbs saja tanpa melihat manfaatnya bagi khalayak
2
Pertukaran
a.  Penerima mrpk institusi yg membutuhkan
b.  Bisa memperkaya koleksi perpust krn ada pertukaran terbitan
c.  Biaya distribusi relatif rendah krn tdk bny alokasi jmlh terbitan yg ditukar
a. Tdk terjadi pertukaran terbitan krn institusi yg mjd sasaran tdk membuat terbitan
b. Terbitan yg diberikan cenderung dipandang berbeda dgn terbitan yg dibeli
3
Permintaan
a.  Penerima terbitan adl org yg membutuhkan
b.  Bisa diketahui org yg menerima terbitan
c.  Peminta terbitan aktif  meminta
a. Membuthkan biaya distribusi yg tinggi
b. Lambanya penanganan permintaan
c. Kemungkinan ada org yg iseng meminta terbitan
d. Pengelola terbitan pasif, hny menunggu permintaan
Kekuatan & kelemahan bentuk distribusi terbitan digital :
No
Bentuk distribusi
Kekuatan
Kelemahan
1
Pembagian
a. Praktis
b.Tdk membutuhkan biaya pengiriman
c. Tepat utk kelompok sasaran yg memiliki kemampuan mengoperasikan komputer
d.Bisa diketahui org yg menerima distribusi terbitan digital

a. Bisa diperoleh org yg tdk membutuhkan
b. Membuthkan keterampilan mengoperasikan komputer
c. Tdk familier bagi org yg tdk bisa mengoperasikan komputer
d. Blm bny org yg biasa membaca terbitan melalui layar komputer
2
Pertukaran
a. Bisa dikirim melalui email bila sulit mengirimkan fisik mediumnya
b.Bisa diketahui institusi yg akan menerimanya
a. Mungkin dikirimkan pd institusi yg tdk membutuhkannya
b.Tdk terjadi kegiatan pertukaran
3
Permintaan
a. Biaya kirim relatif murah
b.Praktis
c. Mudh dikemas
d.Bisa mengarahkan mrk yg meminta dikirim CD/DVD utk megunduh sendiri informasi yg diminta pd situs perpust
a. Ada kemungkinan peminta adl org yg tdk membutuhkan, namun hny ingin memperoleh pemberian gratis
b.Ada kemungkinan CD/DVD rusak dlm proses pengiriman shg tdk bisa dibuka
4
Pengunduhan Dokumen
a. Tdk membutuhkan biaya distribusi
b.Menjangkau sasaran yg luas & tersebar
c. Ada mekanisme penyeleksian sendiri, krn hny org yg berminat yg membuka situs
d.Memudahkan pemberian umpan balik dari pengguna
a. Khalayak penerima tdk spesifik
b.Bila tdk ditangani cermat, dokumenya rentan thd serangan hacker
c. Terjadi gangguan komunikasi shg tdk bisa mengakses situs perpust
d.Terjadi gangguan akses manakala jml pengakses pd wkt yg sama terlalu bny


Download File PDF : Link 1 | Link 2

0 comments:

Post a Comment