Thursday, May 8, 2014

RINGKASAN MATERI MODUL PUST4418 - MANAJEMEN PENERBITAN MODUL 1


PUST4418 - MANAJEMEN PENERBITAN
Yosal Iriantara, 2012
Jakarta : Universitas Terbuka 

RINGKASAN MODUL 1 –  KONSEP DASAR, PROSES, FUNGSI & PENDEKATAN MANAJEMEN

KB 1 KONSEP DASAR MANAJEMEN
2 faktor yang mempengaruhi dunia bisnis :
1.     Faktor manusia (67%), mencakup praktek manajemen SDM, komitmen terhadap pekerja & penekanan pada pencapaian tujuan.
2.     Faktor ekonomi (33%)mencakup pangsa pasar relatif, ukuran perusahaan& profitabilitas industri.
A.    PENGERTIAN MANAJEMEN
1.     Organisasi
Robinns mendefinisikan organisasi sbg kesatuan sosial yg dikoordinasikan scr sadar, dgn sebuah batasan yg relatif dpt diidentifikasi, yg bekerja atas dasar yg relatif terus-menerus utk mencapai suatu tujuan bersama/kelompok.
Aspek2 dlm organisasi :
·       Kestuan sosial→unit yg terdiri dari org/kelompok yg berinteraksi satu sama lain
·       Dikoordinasikan scr sadar yg bermakna adanya manajemen
·       Batasan yg relatif dpt diidentifikasi, dpt membedakan anggota & bkn anggota
·       Keterikatan terus-menerus, menunjukkan organisasi mengalami perubahan
·       Tujuan apa yg ingin dicapai oleh individu/kelompok dlm organisasi
Definisi organisasi menurut Gibson et.al “organisasi adl kesatuan yg memungkinkan masy mencapai 1 tujuan yg tdk dpt dicapai scr individu”, cirinya adl perilaku yg terarah pada tujuan. Dalm organisasi ada 2 hal yg penting, yaitu manusia & manajemen.
Evolusi pandangan dlm hub. manusia & manajemen
a.     Teori organisasi klasik
Yg mjd perhatian adl struktur birokrasi(manusia) & kontrol organisasi shg organisasi dpt mencapai tujuan. Tugas pengelola organisasi adl menyesuaikan struktur organisasi dgn kebutuhan shg akan menghasilkan organisasi yg efektif & efisien. 
b.    Human relation
Disini manusia ditempatkan pada posisi penting dlm organisasi. Manusia dipandang dpt mengontrol proses produksi & pada dasarnya kebutuhan organisasi itu sejalan dgn kebutuhan manusia/individu.
c.     Paduan antar pandangan klasik & human relation
Organisasi sbg satu sistem sosial ini lbh menaruh perhatian pada perilaku pekerja dlm satu organisasi formal.

Ada 4 bagian yg berbeda dlm struktur organisasi tsb, yaitu editorian, iklan, sirkulasi & pemasaran, namun masing2 bagian mengacu pada tujuan bersama, misalnya perolehan laba. Dgn demikian organisasi mrpk kumpulan manusia yg memiliki struktur tertentu dgn masing2 bagian memiliki tugas & perannya masing2 yg diperstukan utk mencapi tujuan tetentu.
2.     Manajemen
Menurt kutipan Lasa manajemen adl “proses perencanaan, pengorganisasian, pengarahan & pengawasan para anggoata & sumber daya lainnya utk mencapai tujuan organisasi yg tlh diterapkan” (mengacu pada fungsi2 manajemen) sedangkan definisi yg mengacu pd kegiatan dlm manajemen adl “proses perancangan & pemeliharaanlingkungan tempat individu bekerja bersama dlm kelompok2 scr efisien utk mencapai tujuan tertentu”.
Manajemen bisa dipandang sebagai:
a.     Ilmu, krn dlm pengembangan & penerapan manajemen diperlukan disiplin ilmu lain spt ekonomi, statistik & akuntansi.
b.     Seni, krn dlm menjalankan kemampuan manajerialnya org hrs memiliki keterampialan.
c.     Profesi, krn kini makin bny saja org yg mengimplementasikan ilmu manajemendlm praktek profesional manajerial.
Dlm kaitannya dgn manajemen penerbitan, kita dpt memandang manajemen penerbitan sbg pelaksanaan fungsi2/kegiatan manajemen.
3.     Administrasi
Sughanda melihat kata administrasi dari 2 bahasa asing yg berbeda :
1.     Bahasa Belanda administratie, artinya tata usaha spt kegiatan mengisi form, pembukuan, pencatatan & melakukan perhitungan (administrasi dlm arti sempat)
2.     Bahasa Inggris administration, artinya seluruh kegiatan kelompok krj yg saling mebantu utk mencapai tujuan bersama (administrasi dlm arti luas)
Menurut William H. Newman administrasi dpt dipahami sbg pembimbing, kepemimpinan & pengawasan usaha2 suatu kelompok orang ke arah pencapaian tujuan bersama.
Sedangkan menurut Atosudarmo, administrasi dilihat dr 3 sudut :
a.     Kelembagaan, yg menyatakan bahwa administrasi adl keseluruhan org/kelompok sbg satu kesatuan yg menjlnkan proses kegiatan utk mencapai tujuan bersama.
b.     Fungsional, melihat administrasi sbg segala tindakan & kegiatan yg dilakukan utk mencapai tujuan.
c.     Proses, melihat administrasi sbg keseluruhan proses yg berupa kegiatan, pemikiran, pengaturan sejak dari penentuan tujuan sampai penyelenggaraan shg tujuan tercapai.

B.    PERANGKAT MANAJEMEN
Perangkat manajemen meliputi men, money, materials, machines, methods & market, dinyatakan dgn 6M, ada juga yg menyebut 5M dgn membuang market.

C.    EFEKTIVITAS, EFISIENSI & PRODUKTIVITAS
Produktif adl tercapainya tujuan suatu organisasi. Efektivitas menurut Lasa mrpk kemampuan seseorg dlm merumuskan tujuan & alat yg tepat utk mencapai tujuan. Sedangkan menurut Drucker, efektivitas adl melakukan pekerjaan scr benar, efisien adl kemampuan menyelesaikan pekerjaan scr benar. Menurut Lasa, hasil, produktivitas & kinerja diperoleh lbh bny drpd pengeluaran biaya, tenaga, pikiran & mesin yg digunakan.
2 ungkapan yg menunjukkan soal efektivitas & efisieni, yakni efisiensi berarti ‘doing the thing right’ yg menunjukkan proses utk produktif diselesaikan dgn menggunakan sumber daya scr tepat dlm waktu yg sesingkat mungkin & efektivitas berarti ’dong the right thing’, melakukan kegiatan-kegiatan scr tepat  & menjalankan strategi yg paling cocok utk menghasilkan sesuatu shg hasilnya memiliki keunggulan, ringkasnya tercapainya tujuan yg diharapkan.
D.    MUTU DLM MANAJEMEN
Mutu dpt diartikan sbg produk yg sesuai dgn harapan pelanggan/kustomer. Scr sederhana kustomer adl mrk yg memperoleh manfaat dr suatu organisasi. Kustomer internal adl org2 yg memperoleh manfaat dr organisasi, spt memperoleh pendapatan, memiliki kebanggaan krn bisa bekerja,dsb. Kustomer eksternal adl mrk yg menerima manfaat yg berada di luar organisasi, spt pengguna jasa organisasi/konsumen produk organisasi.
Pakar mutu termasyur Dr. Edward Demming menyatakan ‘sulitnya mendefinisikan mutu itu adl menerjemahkannnya pada kebutuhan mendatang para pengguna ke dlm karakteristik yg terukur shg satu produk dpt dirancang & dikembalikan utk memberikan kepuasan sesuai dgn harga yg dibayar pengguna’. Definisi mutu lbh berdasarkan konteks, persepsi kustomer, kebutuhan & kemauan kustomer saat ini & nanti.
ISO membuat definisi mutu sbg taraf dr sekumpulan karakteristik yg inheren yg memenuhi persyaratan, kebutuhan/harapan yg dinyatakan, yg scr umum menjadi keharusan atau kewajiban utk dipenuhi. Sedangkan menurut Joseph Juran mutu adl “tepat digunakan/ fitness for use”.
Dimensi mutu mencakup kehandalan/reliabilitas, kinerja, mudah dlm pemeliharaan, dampak lingkungan dlm proses produksi, tampilan fisik, aman dikonsumsi/dipergunakan & awet/tahan lama.

KB 2 PROSES, FUNGSI & PENDEKATAN MANAJEMEN
Fungsi manajemen yg populer adl POAC (planning, organizing, actuating, controling)
A.    PROSES MANAJEMEN
Proses manajemen yg berlangsung dlm organisasi pada dasarnya mrpk sebuah siklus. Fungsi manajemen dijalankan scr siklikal, khususnya 4 fungsi dasar & universal yaitu POAC. Disebut siklikal lantaran prosesnya selalu berulang & terus terjadi selama organisasi tsb berjalan.
Terry menunjukkan kemungkinan adanya penambahan fungsi lain, yaitu
a.  Menganjurkan/advocating                           j. Mengintegrasikan/integrating         
a.     Memberi otoritas/authorizing            k. Memimpin/ leading
b.     Mengubah/changing                        l.   Mengukur/ measuring
c.     Memilih/choosing                             m. Memodernisasi/modernising
d.     Mengonfirmasi/confirming                n.  Memotivasi/motivating
e.     Mengoordinasi/ coordinating            o.  Merekomendasikan/recommending
f.      Memberi saran/counselling              p.  Mewakili/representing
g.     Memberi arah/memimpin/directing    q.  Membuat spesifik/specifying
h.     Memperbaiki/improving                              r.  Menempatkan/staffing
Fungsi lain diluar POAC yg kerap dilaksanakan organisasi adl staffing, directing, coordinating, motivating & leading.
B.    FUNGSI MANAJEMEN
ü  Perencanaan pada dasarnya merumuskan segala tindakan yg diperlukan utk mencapai tujuan yg sdh ditetapkan suatu saat nanti. Menurut Terry perencanaan adl tindakan yg meliputi memilih & menghubungkan fakta & membuat serta menggunakan asumsi2 mengenai masa datang dlm hal memvisualisasi serta merumuskan aktivitas2 yg dianggap perlu utk mencapai hasil yg diinginkan.
ü  Pengorganisasian berkenaan dgn pembagisn tugas & sumber daya yg diperlukan utk mencapai tujuan. Terry mengartikan pengorganisasian sbg tindakan mengusahakan hubungan2 perilaku yg efektif diantara org2 shg mrk dpr bekerjasama scr efisien & memperoleh kepuasan pribadi dlm hal melaksanakan tugas2 tertentudlm kondisi lingkungan tertentu guna mencapai tujuan & sasaran tertentu.
ü  Penggerakan mrpk sumber daya yg dimiliki utk pencapaian tujuan. Pandangan Terry penggerakan adl usaha2 utk menggerakkan anggota2 kelompok sedemikian rupa shg mrk berkeinginan & berusaha mencapai sasaran2 organisasi yg bersangkutan & sasaran2 anggota organisasi tsb oleh krn para anggota ingin mencapai sasaran tsb.
ü  Pengendalian adl utk mengawasi & mengevaluasi tindakan yg dilakukan dlm proses pencapaian tujuan. Menurut Terry pengawasan adl menentukan apa yg tlh dilaksanakan, mengevaluasi prestasi kerja & apabila perlu melaksanakan tindakan2 korektif shg hsl pekerjaan sesuai dgn perencanaan.
C.    PENDEKATAN MANAJEMEN
1.     Manajemen Strategis
Secara sederhana manajemen strategis mrpk cara pengelolaan organisasi yg memperhatikan lingkungan internal & eksternal organisasi. Lingkungan internal mrpk sumber kekuatan & kelemahan, lingkungan eksternal menyediakan peluang sekaligus ancaman. Menurut Saladin manajemen strategi penting krn :memberikan arah pencapaian tujuan organisasi, membantu memikiran kepentingan berbagai pihak, dapat mengantisispasi setiap perubahan, terkait dgn efektivitas & efisiensi.
4 kelompok model manajemen strategi menurut Wheelen & Hunger :
a.     Pengkaji lingkungan(enviromental scanning)
Menelaah scr cermat apa yg ada pd lingkungan internal & ekternal organisasi. Pada lingkungan eksternal ada peluang & ancaman, baik dr lingkungan tugas (lingkungan t4 organisasi beroperasi yg di dlmnya tentu ada pesaing, mitra atau pelaku kegiatan sejenis) & lingkungan kemasyarakatan (kekuatan teknologi, sosiokultural & legal-politik)
b.     Formulasi strategi
Dlm formulasi strategi akan ada:
ü  Misi, tujuan yg akan dicapai melalui keberdaansatu organisasi dgn menyebut waktu pencapaian & bila memungkinkan dikuantifikasikan.
ü  Tujuan, mrpk hasil akhir dr aktivitas2 yg terencana
ü  Strategi, rencana komprehensif yg menyatakan bagaimana organisasi bisa menjlnkan misi & mencapai tujuannya
ü  Kebijakan, pedoman umum utk pengambilan keputusan yg dilakukan olh organisasi.
c.     Implementasi strategi
Proses yg dijalankan manajemen utk menerjemahkan strategi2 & kebijakan2 yg tlh dirumuskan ke dlm tindakan melalui pengembangan program, prosedur & penganggaran. Program mrpk pernyataan kegiatan/langkah yg diperlukan utk mewujudkan apa yg direncanakan shg membuat strategi mjd berorientasi pd tindakan. Prosedur mrpk sistem langkah/teknik saling terkait yg menguraikan cara melaksanakan tugas. Penganggaran mprk pernyataan program organisasi dlm bentuk nilai mata uang,biaya disajikan scr rinci
d.     Evaluasi & kontrol
Mrpk proses yg digunakan organisasi utk memantau kegiatan & kinerja serta melakukan perbandingan antr kinerja yg diinginkan & kinerja yg ada.
2.     Manajemen Mutu Terpadu(MMT)/ Total Quality Manajement(TQM)
Mrpk proses manajemen utk melakukan perbaikan berkelanjutan, dimulai dr ruang pimpinan. Nilai-nilai dasar yg berorientasi pd mutu : terfokus pada kustomer, terfokus pada proses, pengambilan keputusan dijlnkan dgn berdasarkan fakta & data, perbaikan berkelanjutan & pengembangan komitmen tiap org pd organisasi.
Total Quality leadership(TQL)/kepemimpinan mutu terpadu(KMT), menurut Hardjosoedarmo melakukan mulai dr perumusan strategi, perencanaan, dukungan logistik, pendidikan & pelatihan smpai tahap operasional keseharian.
Asas2 TQL menurut Hardjosoedarmo adl :
a.     Memelihara hubungaan antar tugas pokok dgn kustomer
b.     Melakukan perbaikan proses krj scr kontinu
c.     Melakukan komunikasi terbuka ke atas & ke bawah dlm organisasi
d.     Mengembangkan kerjasama tim dlm organisasi dgn menghilangkan rintangan antr bagian
e.     Membuat rencana strategis yg memusatkan perhatian pd usaha2 perbaikan
f.      Mengatur seluruh proses krj
g.     Memberikan kebanggaan krj pada anggota
h.     Melakukan investasi
i.       Menciptakan tujuan yg tetap utk memperbaiki kesiapan
j.       Memiliki tanggungjawab terhadap mutu.
Persyaratan yg perlu diperhatikan sbg faktor perubahan(Hardjosoedarmo) :
a.     Visi pimpinan
b.     Kecakapan intrinsik yg dimiliki anggota organisasi
c.     Insentif fisik & psikologis yg ditetapkan
d.     Tersedianya sumber daya yg memadai
e.  Rencana tindak yg tepat & memadai


Download File PDF : Link 1 | Link 2

0 comments:

Post a Comment